Home Berita Terkini Pemkab Bangka Tengah Gelar Pelayanan Terpadu di Desa Beriga

Pemkab Bangka Tengah Gelar Pelayanan Terpadu di Desa Beriga

100
0
SHARE
Pemkab Bangka Tengah Gelar Pelayanan Terpadu di Desa Beriga

Lubuk Besar - Guna memenuhi pelayanan dan inovasi layanan kepada masyarakat, Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Pemkab Bateng) menyelenggarakan Pelayanan Terpadu di Lapangan Bola Desa Beriga Kecamatan Lubuk Besar, Jumat (9/8/2019) pagi.

Pelayanan-pelayanan yang digelar antaranya pembuatan Kartu Tanda Anggota (KTA) perpustakaan dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKP), pelayanan kesehatan dari Puskesmas Lubuk Besar, pelayanan KB dari Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBPPPA), pelayanan pembuatan Akta Kelahiran, KTP, dan KK dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil), penyelenggaraan Pasar Murah dari Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM (Diperindagkop-UKM) serta pelayanan pembuatan perizinan dan pembuatan Kartu Kuning dari Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTK). Hal ini dilakukan seiring dengan harapan dan tuntutan adanya pelayanan publik yang menjangkau seluruh lapisan masyarakat.

Bupati Bangka Tengah Dr. Ir. H. Ibnu Saleh MM. turut menghadiri kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh Pemkab Bateng ini bahkan terlihat berkeliling melihat satu persatu stand pelayanan yang didirikan.

Terkhusus DKP dalam kegiatan ini melakukan sosialisasi dan perekaman bagi siswa SD, SMP dan  masyarakat setempat agar memiliki Kartu Tanda Anggota (KTA) Perpustakaan. Kepala DKP, Budi Utama, S.STP, M.Si mengatakan, dengan adanya KTA ini bisa memudahkan masyarakat meminjam buku di semua perpustakaan yang ada di Bangka Tengah.

"Pada prinsipnya Kartu Tanda Anggota (KTA) merupakan salah satu indikator kinerja Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKP). DKP juga menargetkan seluruh masyarakat Bangka Tengah memiliki KTA,? jelas Budi.

Menurut Budi, selama ini para pengunjung maupun pengurus perpustakaan hanya menggunakan KTA manual. Dengan adanya program validasi data ini diharapkan baik pengurus maupun pengunjung yang meminjam buku harus sudah memiliki KTA. Budi menambahkan bahwa saat ini sudah ada sekitar 700 anggota dan baru sekitar 220 diantaranya yang memiliki KTA.

Sementara itu DPMPTK melalui Kepala Seksi Penempatan, Pelatihan dan Produktivitas, Syahromadoni, SE mengatakan selain memberikan pelayanan perizinan dan pembuatan Kartu Kuning, DPMPTK juga memberikan pelayanan pencari kerja melalui Balai Latihan Kerja (BLK) Provinsi Babel, Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bandung dan BLK Bekasi. Semua informasi ini disampaikan kepada masyarakat sambil memberikan pelayanan di lokasi.

Pelayanan Terpadu yang diselenggarakan rutin ini bertujuan agar masyarakat bisa mendapatkan informasi dan pelayanan yang sama seperti ketika mereka mendatangi kantor-kantor pelayanan terkait di Komplek Perkantoran Pemkab Bateng. Kemudahan ini dilakukan secara bergiliran ke kecamatan-kecamatan lain untuk memenuhi kebutuhan masyarakat mengingat wilayah administratif Bangka Tengah yang luas. *(RIS/APJ/Foto:QRY)

 

Sumber : Diskominfosta Bateng