Home Berita Instansi dan Kementerian Pemkab Bateng Raih Predikat BB di SAKIP Award 2018

Pemkab Bateng Raih Predikat BB di SAKIP Award 2018

Pemkab Bateng Raih Predikat BB di SAKIP Award 2018

71
0
SHARE
Pemkab Bateng Raih Predikat BB di SAKIP Award 2018

Keterangan Gambar : Apresiasi dan Penyerahan Predikat BB laporan hasil evaluasi SAKIP 2018

BANDUNG – Pemertintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Tengah (Bateng) terima penghargaan atas Laporan Hasil Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LHE SAKIP) Tahun 2018 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB).

SAKIP adalah tolak ukur keberhailan suatu instansi dalam menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik, efektif dan efisien. Pemkab Bateng mendapatkan predikat baik atau B berdasarkan hasil evaluasi terhadap Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Tahun 2018 yang dilakukan oleh pihak Kemen RB.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Menteri PAN RB, Syafruddin kepada bupati Bateng, Dr. Ir. H. Ibnu Saleh, M.M pada acara Apresiasi dan Penyerahan Laporan Hasil Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Tahun 2018 Pemerintah Provinsi Kabupaten dan Kota Wilayah I di Hotel Trans Luxury, Bandung, Senin (28/1/2019).

Menteri PAN RB, Syafruddin dalam sambutannya mengatakan, di Tahun 2018 hasil SAKIP mengalami peningkatan, yakni menjadi 20 Pemerintah Daerah, 3 di antaranya adalah Pemerintah Provinsi dan 17 lainnya adalah Pemerintah Kabupaten/Kota.

“Pemda yang merai predikat “BB” mengalami peningkatan signifikan. Hasil Evaluasi SAKIP Tahun 2017 lalu hanya 10 Pemda yang berhasil mendapatkan predikat BB, yaitu 2 Pemerintah Provinsi dan 8 Pemerintah Kabupaten/Kota, jelas Menteri Syafruddin.

Menteri Syafruddin menambahkan, keseriusan dan komitmen Bupati, Walikota dan Sekretaris Daerah sangat diperlukan untuk mendorong percepatan implementasi reformasi birokrasi. Kepala Daerah diharapkan memberikan perhatian untuk terciptanya tata kelola pemerintahan yang baik dan sekaligus berorientasi kepada hasil serta manfaatnya.

“Saya sarankan segera lakukan replikasi ke instansi pemerintah lain yang sudah lebih baik dalam penerapan SAKIP-nya,” tegasnya saat memberikan arahan pada Penyerahan Laporan Hasil Evaluasi SAKIP pada Pemerintah Kabupaten/Kota Wilayah terkait,” tambah Menteri Syafruddin.

Sementara, Bupati Bateng, Ibnu Saleh mengungkapkan, prestasi ini merupakan di awal yang sangat penting bagi jajaran Aparatur Pemkab Bateng agar dapat bekerja lebih baik lagi kedepannya.

“Alhamdulillah hasil penilaiannya Pemkab Bateng masuk kategori Baik, dan kedepannya semoga bisa lebih baik lagi, ucap Bupati Ibnu.

Bupati Bateng melanjutkan, penyerapan terhadap anggaran yang baik harus diikuti oleh pelaksanaan kegiatan yang bermanfaat dan berdampak positif untuk membangun daerah dan masyarakat.

“Kita perlu bekerja secara terstruktur untuk kepentingan dan kesejahteraan rakyat menuju Bangka Tengah yang lebih baik, sejahtera serta dan unggul,” tambah Bupati Ibnu.

Menariknya, Pemkab Bateng merupakan satu-satunya Kabupaten di Provinsi Bangka Belitung (Babel) yang masuk kategori pada Laporan Hasil Evaluasi SAKIP Tahun 2018 tersebut. Sedangkan predikat terbaik diraih kembali oleh Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat, yakni dengan nilai “A”.

Bupati Ibnu mengucapkan terima kasih kepada Aparatur Pemkab Bateng beserta jajaran yg telah bekerja keras sehingga bisa mera. Bupati berharap kedepannya harus bisa lebih baik lagi dalam meningkatkan kinerja yang terintegrasi serta penggunaan anggaran.

 

Sumber : Diskominfosta Bangka Tengah