Home Berita Terkini Pemkab Bateng Umumkan Pemenang Lomba Perpustakaan Desa dan Sekolah Tahun 2019

Pemkab Bateng Umumkan Pemenang Lomba Perpustakaan Desa dan Sekolah Tahun 2019

3
0
SHARE
Pemkab Bateng Umumkan Pemenang Lomba Perpustakaan Desa dan Sekolah Tahun 2019

SIMPANGKATIS - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKP) Kabupaten Bateng menggelar acara Pengumuman Pemenang dan Penyerahan Hadiah Lomba Perpustakaan Desa/Kelurahan dan Perpustakaan SMP/MTs se-Kabupaten Bangka Tengah tahun 2019, pada Jumat (05/04/2019) pagi. Acara yang diselenggarakan di Gedung Serba Guna Kecamatan Simpangkatis ini dihadiri oleh Bupati Bangka Tengah Dr. Ir. H. Ibnu Saleh, MM., Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Budi Utama, S.STP, M.Si, perwakilan Camat Simpangkatis, Kepala Desa, para Kepala Sekolah SMP/MTs dan SD/MI se-Kabupaten Bangka Tengah, para Pengelola Perpustakaan Desa/Kelurahan, juga para Pengelola Perpustakaan SMP/MTs dan SD/MI se-Kabupaten Bateng. Peserta perlombaan ini diikuti oleh 24 Perpustakaan SMP/MTs dan 30 Perpustakaan Desa/Kelurahan se-Kabupaten Bangka Tengah.

Bupati Bangka Tengah dalam sambutannya menyampaikan bahwa kompetisi ini merupakan salah satu upaya untuk pengembangan dan pembudayaan kegemaran membaca di kalangan masyarakat dan siswa. Secara tidak langsung hal ini memotivasi peningkatan kinerja perpustakaan Desa/Kelurahan dan perpustakaan sekolah dalam melayani serta memenuhi kebutuhan informasi bagi masyarakat dan pelajar. "Upaya mencerdaskan kehidupan bangsa yaitu melalui pembudayaan kegemaran membaca anak sejak usia dini, orang yang punya masa depan adalah orang yang senang membaca," ujar Ibnu Saleh. Pada kesempatan itu Bupati juga mengucapkan selamat kepada para pemenang dan berpesan bagi peserta yang belum mendapat kesempatan menang agar tidak berkecil hati karena masih banyak kesempatan di masa mendatang. "Teruslah berusaha lebih maju di masa yang akan datang." lanjutnya.

Dari kegiatan ini diperoleh para pemenang, yakni untuk Juara 1 Kategori Perpustakan Desa/Kelurahan dimenangkan oleh Desa Batu Belubang, Juara 2 Desa Kurau dan Juara 3 Desa Air Mesu. Sedangkan Kategori Perpustakaan SMP/MTs, Juara 1 dimenangkan oleh SMPN 6 Sungaiselan, Juara 2 SMPN 1 Simpangkatis dan Juara 3 SMPN 1 Sungaiselan. Para pemenang mendapatkan piala dan uang pembinaan sebesar 2.500.000 rupiah untuk Juara 1 dan 2.200.000 rupiah untuk Juara 2, serta Juara 3 sebesar 2.000.000 rupiah.

DKP Bateng bertekad kegiatan perlombaan ini akan terus menerus dilaksanakan setiap tahun dengan harapan membudayakan kegemaran membaca di kalangan masyarakat dan para pelajar sehingga kita akan memiliki generasi penerus bangsa yang cerdas, kuat dan bermartabat. Acara ini juga dilengkapi dengan launching Kartu Perpustakaan Umum Daerah Selawang Segantang yang memiliki masa berlaku 5 tahun. Harapannya, dengan menjadi anggota perpustakaan kita bisa meminjam buku di Perpustakaan Umum Daerah Selawang Segantang Kabupaten Bangka Tengah dengan bebas namun penuh tanggung jawab.* (LIN/APJ/Foto:LIN)

 

Sumber : Diskominfosta Bangka Tengah