Home Berita Terkini Puncak Hari Guru Nasional 2019 di Bangka Tengah, Ibnu Saleh : Guru Harus Motivasi Diri Sendiri

Puncak Hari Guru Nasional 2019 di Bangka Tengah, Ibnu Saleh : Guru Harus Motivasi Diri Sendiri

79
0
SHARE
Puncak Hari Guru Nasional 2019 di Bangka Tengah, Ibnu Saleh : Guru Harus Motivasi Diri Sendiri

Pangkalan Baru - Sebagai acara puncak Hari Guru Nasional 2019, Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah melalui Dinas Pendidikan menggelar Seminar Pendidikan dengan tajuk nasional ‘Peran Strategis Guru dalam Mewujudkan SDM Indonesia Unggul’, bertempat di Soll Marina Hotel, Sabtu (23/11/2019).

Acara dibuka oleh Drs. Iskandar, selaku Kepala Dinas Pendidikan dalam sambutannya menyampaikan bahwa acara puncak dari rangkaian peringatan Hari Guru Nasional (HGN) ini bertujuan untuk mengangkat harkat dan martabat guru.

"Siapa lagi yang akan menghargai guru jika bukan guru-guru itu sendiri. Guru harus menghargai profesinya, bangga menjadi guru, sehingga orang lain juga akan menghargai guru," ujarnya.

Selain itu Iskandar juga menghimbau agar perayaan HGN yang sebenarnya diperingati setiap 25 November ini dapat dirayakan dengan meriah baik di kelurahan, kecamatan maupun sekolah-sekolah, sehingga bisa menciptakan suasana yang membuat anak didik lebih mencintai guru-gurunya.

Pada kesempatan tersebut Bupati Bangka Tengah, Dr. Ir. H. Ibnu Saleh, MM., memberikan nasehat dan pesan kepada para guru dan tenaga kependidikan, baik yang sudah ASN maupun masih honorer, untuk selalu bekerja dengan ikhlas dan memulai segala inovasi dari masing-masing pribadi terlebih dahulu.

“Bentuklah diri dulu, keluarga dulu, baru turunkan motivasi inovasi itu ke murid, ke organisasi, ke masyarakat. Tidak mungkin membuat anak didik pintar dan sekolah maju jika tidak mulai dari diri guru itu sendiri. Selalu lakukan inovasi pada diri sendiri, itu hal paling mudah untuk memulai," pesannya.

Seminar kali ini menghadirkan narasumber Prof. Dr. Arief Rachman, M.Pd., yang merupakan tokoh pendidikan tingkat nasional serta berkecimpung di dunia internasional. Dalam pemaparannya, Arief  menyampaikan motivasi-motivasi yang ditujukan kepada seluruh peserta.

"Guru yang luar biasa adalah guru yang memberi inspirasi dan motivasi. Tidak hanya mengajar, melainkan harus mendidik.  Guru harus tahu perbedaan mengajar dan mendidik," ujarnya beberapa saat sebelum memulai sesi tanya jawab.

Acara dimeriahkan dengan pertunjukan tari-tarian dari Sanggar Ketakung Merah dan permainan musik angklung dari SMP Stania Koba. Peserta seminar terdiri atas pendidik, tenaga kependidikan dan tenaga administrasi, baik PNS maupun honorer se-Bangka Tengah. Turut hadir menjadi narasumber H. Latif Somad selaku Ketua Dewan Pendidikan Bangka Tengah dan Erwin David selaku Ketua PGRI Bangka Tengah. Hadir pula Elly Irsyah, SH., selaku Asisten I Bidang Pemerintahan dan  Kesejahteraan Rakyat, perwakilan OPD se-Bangka Tengah, perwakilan Ikatan Guru TK, perwakilan Himpunan Pendidikan Anak Usia Dini, para Pengawas Sekolah, serta para pemenang lomba peringatan HGN yang pada akhir acara menerima plakat, piagam dan piala, langsung dari Bupati Bangka Tengah. Nama-nama pemenang lomba bisa diunduh pada link pdf terlampir. *(APJ/WEE/Foto:MRT)

Daftar Nama Pemenang Lomba Hari Guru Nasional 2019.pdf 

   

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah