Home Berita Terkini Sholat Istisqo Berjamaah di Bateng Berlangsung Khidmat

Sholat Istisqo Berjamaah di Bateng Berlangsung Khidmat

97
0
SHARE
Sholat Istisqo Berjamaah di Bateng Berlangsung Khidmat

Koba – Bupati Bangka Tengah Dr. Ir. H. Ibnu Saleh, MM bersama Forkopimda Bangka Tengah (Bateng), ASN, PKK (Pegawai Kontrak Kegiatan) serta masyarakat Bateng melaksanakan Sholat Istisqo berjama’ah di Halaman Kantor Bupati Bateng pada Senin (23/09/2019) pagi.

Sebelum memulai sholat berjama’ah, bertindak sebagai Imam yakni Wakil Ketua MUI Bateng, H. Sairan H. Adam memaparkan tata cara pelaksanaan Sholat Istisqo berjama’ah. Mulai dari tata cara pengucapan niat sholat sampai tata cara berdoa yang benar.

“Sebelum melaksanakan sholat ini kita dianjurkan berpuasa selama 4 hari, lalu pada hari ke-4 dilaksanakan Sholat Istisqo ini. Lalu, sholat ini memang disunnahkan untuk dilaksanakan di halaman. Puncak dari sholat ini ialah doa. Menurut petunjuk yang saya pelajari, ketika berdoa Istisqo ini letak tangan berada lebih tinggi dari sikap berdoa biasanya, juga menengadahkan wajah ke langit memohon kepada Allah agar didatangkan hujan,” jelas Sairan.

Hujan yang tak kunjung datang dalam beberapa bulan terakhir ini, menjadi salah satu alasan dilaksanakannya Sholat Istisqo. Kemarau panjang tahun ini menimbulkan berbagai dampak bagi Bateng. Salah satu yang menjadi sorotan utama yakni kebakaran hutan dan lahan penyebab kabut asap yang mengganggu pernafasan.

Ibnu Saleh dalam sambutannya mengatakan prakiraan cuaca untuk esok hari bakal turun hujan. Ia berharap dengan dilaksanakannya Sholat istisqo berjama’ah ini, permohonan diturunkannya hujan akan dikabulkan Allah SWT. Ia juga menghimbau kepada masyarakat agar tidak menyumbang asap, dalam hal ini tidak membakar sampah dalam skala kecil maupun besar.

“Ini merupakan usaha manusia, mudah-mudahan Allah segera mendengar doa kita. Semoga prakiraan cuaca besok benar terjadi dan Allah mengabulkan doa kita untuk diturunkan hujan,” ujar orang nomor satu di Bateng ini.

Bertindak sebagai khatib yakni Ketua PCNU (Pengurus Cabang Nahdatul Ulama) Kabupaten Bangka Tengah, Ustad M. Khoirul Faizin, dalam khotbahnya mengajak para jama’ah senantiasa meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT, tentunya dengan taqwa yang sebenar-benarnya. Orang yang bertaqwa kepada-Nya pasti akan berusaha semaksimal mungkin untuk bisa menjalankannya. Juga berusaha sekuat tenaga untuk bisa meninggalkan apa yang menjadi larangan-Nya karena orang yang paling mulia di sisi-Nya adalah orang yang bertaqwa.

Turut hadir dalam Sholat Istisqo berjama’ah ini Wakil Bupati Bangka Tengah, Kapolres Bateng, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bateng, Ketua MUI Bateng, Ketua PBNU (Pengurus Besar Nahdlatul Ulama) Bateng, Sekretaris Daerah Bateng, para Staf Ahli, para Asisten, para Tokoh Agama, para Tokoh Masyarakat serta para Jama’ah.* (WEE/APJ/Foto:UMM)

 

Sumber : Diskominfosta Bateng