Home Berita Terkini Sidang Panitia Pertimbangan Landreform Bahas Reforma Agararia di Bateng

Sidang Panitia Pertimbangan Landreform Bahas Reforma Agararia di Bateng

171
0
SHARE
Sidang Panitia Pertimbangan Landreform Bahas Reforma Agararia di Bateng

Koba - Kantor Pertanahan Kota Pangkalpinang bekerjasama dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN), menggelar sidang Panitia Pertimbangan Landreform (PPL) Redistribusi Tanah dalam rangka Pelaksanaan Reforma Agraria Kabupaten Bangka Tengah Tahun 2020 di Ruang Rapat Bupati Bangka Tengah, Selasa (07/07/2020).

Adapun agenda pembahasan dalam sidang panitia pertimbangan landreform yakni unit teknis dalam memaparkan hasil pengumpulan data berupa hasil seleksi subjek dan objek redistribusi tanah serta hasil pengumpulan dan pemetaan objek redistribusi tanah. Juga menetapkan subjek-subjek hasil seleksi subjek penerima redistribusi tanah objek landreform.

Definisi reforma agraria ini merujuk kepada penataan kembali struktur penguasaan, kepemilikan, penggunaan dan pemanfaatan tanah yang lebih berkeadilan melalui penataan aset disertai dengan penataan akses untuk kemakmuran rakyat. Hal ini bertujuan untuk menangani sengketa dan konflik agraria, menciptakan lapangan kerja untuk mengurangi kemiskinan, meningkatkan ketahanan dan kedaulatan pangan.

Diadakannya sidang panitia pertimbangan landreform (PPL) ini bertujuan untuk mengadakan pembagian tanah dengan memberikan dasar pemilikan tanah sekaligus memberi kepastian hukum atas tanah, kepada subjek yang memenuhi persyaratan sehingga dapat memperbaiki serta meningkatkan keadaan sosial ekonomi subjek redistribusi tanah.

Dalam paparannya, Kepala Kantor Pertanahan Kota Pangkalpinang, Ir. Maulana Arbani menuturkan, semua masyarakat harus mendapatkan sertifikat tanah atas hukum yang ada atas tanah yang dikuasai baik itu tanah tempat tinggal maupun tanah perkebunan.

"Sebab, dengan adanya sertifikat, bisa dengan mudah untuk diwariskan dan diperjual belikan agar bisa menjadi anggunan yang disetujui pemilik tanah mau membantu kredit usaha juga kredit lainnya," tutur Maulana.

Pada kegiatan ini turut hadir Kepala Kantor Pertanahan Kota Pangkalpinang, Sekda Kabupaten Bangka Tengah, Kepala Kepolisian Resor Bangka Tengah, Kepala Seksi Penataan Pertanahan Kantor Pertanahan Kabupaten Bangka Tengah, Plt. Kepala Seksi Landreform dan Konsolidasi Tanah Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan para Kepala Perangkat Daerah terkait.* (QRY/WEE/Foto: UMM)

Sumber : Diskominfosta Bangka Tengah