Home Berita Terkini Stabilitasi Harga Bahan Pokok, Disperindag Babel Hadirkan Pasar Murah di Koba

Stabilitasi Harga Bahan Pokok, Disperindag Babel Hadirkan Pasar Murah di Koba

73
0
SHARE
Stabilitasi Harga Bahan Pokok, Disperindag Babel Hadirkan Pasar Murah di Koba

Koba - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menyelenggarakan kegiatan pasar murah di halaman Kantor Camat Koba Bangka Tengah (Bateng), Jumat (10/05/2019). Dalam rangka memfasilitasi pasar murah untuk rakyat, Disperindag Provinsi Babel bekerjasama dengan para distributor kebutuhan pokok untuk menjaga stabilitas harga di pasaran, guna memenuhi kebutuhan masyarakat khususnya masyarakat Koba, Bateng.

Memfasilitasi kegiatan pasar murah ini, Disperindag Provinsi Babel bersama Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Disperindagkop-UKM) Kabupaten Bateng, selain menyediakan lokasi juga mengikutsertakan beberapa distributor kebutuhan pokok yang berasal dari Bateng salah satunya yakni tanaman hortikultura produk dari Dinas Pangan Bateng.

Menurut Kepala Seksi Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN)  dari Bidang Pengembangan Perdagangan, Wisniarti, kegiatan ini merupakan agenda tahunan Disperindag Provinsi namun ini kali pertama diselenggarakan di Bateng. Sebanyak 45 titik pasar murah akan dilakukan di seluruh Kabupaten/Kota se-Provinsi Babel dan telah dimulai sejak Maret 2019 lalu hingga Desember nanti serta  bertepatan dengan hari-hari besar keagamaan.

"Kegiatan ini dilaksanakan untuk menjaga stabilitas harga, ketersediaan bahan pokok di pasaran dan menyediakan barang dengan harga murah di masyarakat, "tegas Wisniarti.

Menanggapi hal ini, Kepala Disperindagkop-UKM Kabupaten Bangka Tengah yang  diwakili oleh Kabid Perdagangan, Royter Gerbangka, menyatakan bahwa kegiatan pasar murah ini dilaksanakan guna memenuhi kebutuhan pokok masyarakat di bulan puasa.

"Mengingat di bulan puasa ini kebutuhan pokok yang ada di pasaran cenderung meningkat harganya. Untuk itu kita memfasilitasi kegiatan Disperindag Provinsi Babel untuk hadir di Koba melaksanakan pasar murah ini. Disperindagkop-UKM Bateng sendiri sudah 6 kali mengadakan kegiatan ini, namun ini kali pertama kita bekerjasama dengan Disperindag Provinsi Babel tahun ini," ujar Royter.

Para distributor bahan pokok yang ikut serta dalam kegiatan pasar murah ini, selain dari Koba juga berasal dari Pangkalpinang, selalu mengikuti agenda tahunan yang dilaksanakan oleh Disperindag. Keterlibatan mereka secara sukarela bertujuan memberikan harga lebih murah kepada masyarakat. Walaupun laba sedikit berkurang, mereka anggap ini momen yang tepat  untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Beberapa produk yang tersedia di pasar murah kali ini meliputi beras, minyak goreng, terigu, gula, bawang merah, bawang putih, kentang, garam, popok sekali pakai, minuman, makanan ringan, buah-buahan, juga sayuran. Harga yang ditawarkan memiliki selisih yang cukup signifikan dibandingkan dengan harga yang beredar di pasaran. Produk minyak goreng misalnya ditawarkan mulai harga Rp 9.500,- begitu juga dengan beras mulai dari Rp 54.000,- hingga Rp 114.000,-.

Jesica (24), seorang ibu rumah tangga warga Koba mengaku sangat terbantu dengan adanya kegiatan pasar murah ini. Dia merasa berhemat banyak berbelanja di pasar murah dan bisa memenuhi kebutuhan pokok keluarganya selama bulan puasa.* (WEE/APJ/Foto:MRT)

 

Sumber : Diskominfosta Bangka Tengah