Home Berita Terkini Terapkan Aplikasi Berbasis Otomasi, Pemkab Bateng Giatkan Pengelola Perpustakaan

Terapkan Aplikasi Berbasis Otomasi, Pemkab Bateng Giatkan Pengelola Perpustakaan

47
0
SHARE
Terapkan Aplikasi Berbasis Otomasi, Pemkab Bateng Giatkan Pengelola Perpustakaan

KOBA – Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Bangka Tengah menyelenggarakan Bimbingan Teknis Perpustakaan Desa dan Perpustakaan Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) Tahun 2019 di Gedung Diklat BKPSDMD Kabupaten Bangka Tengah, Rabu (24/04/2019). Dihadiri oleh para staf pengelola perpustakaan desa serta para staf pengelola perpustakaan SMP se-Kabupaten Bateng.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Bangka Tengah Budi Utama, S.STP, M.Si dalam sambutannya menyampaikan dengan dilaksanakannya kegiatan ini semoga dapat memberikan dampak yang lebih baik bagi pengelola dan pengguna perpustakaan serta memajukan perpustakaan daerah dan perpustakaan sekolah.

“Semakin banyaknya jumlah koleksi perpustakaan, ragam kebutuhan perkembangan teknologi informasi, keakuratan, ketepatan dan kecepatan informasi menjadi kendala tersendiri bagi perpustakaan,” jelas Budi.

Untuk mengatasi hal tersebut, menurut Budi perlu diupayakan perubahan Perpustakaan Berbasis Manual menjadi Perpustakaan Berbasis Otomasi. Perpustakaan Berbasis Otomasi akan meringankan pekerjaan staf perpustakaan dan memudahkan dalam memaparkan perpustakaan.

Bimbingan teknis tersebut dilaksanakan selama dua hari (24 s.d 25 April 2019) dan diikuti sekitar 40 peserta yang terdiri dari pengelola perpustakaan desa dan pengelola perpustakaan SMP se-Kabupaten Bangka Tengah serta dihadiri oleh narasumber dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Abrar Nasbey, S.Kom, M.T.I dengan menggunakan aplikasi inlislite versi 3.0. Aplikasi inlislite merupakan aplikasi otomasi perpustakaan yang dibangun dan dikembangkan secara resmi oleh perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Melalui aplikasi inlislite versi 3.0 ini, pengelola perpustakaan sangat dimudahkan dalam mengolah buku, transaksi peminjaman buku, pendaftaran anggota serta pelayanan lainnya termasuk layanan e-book.* (LN/KD/Foto:KH)

 

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah