Home Berita Terkini Tim Verifikasi Pusat Kabupaten Sehat Lakukan Penilaian Di Bangka Tengah

Tim Verifikasi Pusat Kabupaten Sehat Lakukan Penilaian Di Bangka Tengah

120
0
SHARE
Tim Verifikasi Pusat Kabupaten Sehat Lakukan Penilaian Di Bangka Tengah

Koba - Tim Verifikasi Pusat untuk penilaian  Kabupaten Sehat berkunjung ke Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Kamis (22/08/2019). Kunjungan tersebut dalam rangka melakukan penilaian-penilaian terhadap berbagai titik lokasi (lokus) demi terwujudnya Bateng sebagai Kabupaten Sehat sesuai syarat dan kriteria yang ditentukan.

Kegiatan Verifikasi ini diagendakan selama dua hari yakni pada Kamis (22/8) dan Jumat (23/8). Kegiatan Verifikasi Kabupaten Sehat ini diawali dengan pembukaan di Ruang Rapat VIP Kantor Bupati Bangka Tengah.

Tampak hadir dalam kegiatan ini Sekretaris Daerah Bangka Tengah, Drs. Sugianto M.Si., selaku perwakilan Bupati dan Wabup Bateng, Perwakilan tim penilai Bangka Tengah, Perwakilan Pembina Kabupaten Sehat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Perwakilan Forum Selawang Segantang Sehat (FSSS), para Kepala OPD Kabupaten Bangka Tengah atau yang mewakili, para Camat se-Kabupaten Bangka Tengah atau yang mewakili, perwakilan  PKK Bangka Tengah dan para tamu undangan.

Sekretaris Daerah Bateng, Drs. Sugianto M.Si., menyampaikan beberapa tujuan diselenggarakannya penilaian ini diantaranya untuk tercapainya kondisi Kabupaten Bangka Tengah yang sehat dan aman. Sehat yang dimaksud yakni sehat sebagai tempat hunian dan sehat sebagai tempat bekerja dan berkarya bagi warganya. Tujuan lainnya yaitu meningkatkan derajat kesehatan yang adil, bermutu, merata dan terjangkau dengan mengoptimalkan seluruh potensi sumber daya yang ada. Selain itu juga meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat secara mandiri serta meningkatkan pemahaman lintas sektor terhadap tanggung jawab bersama dalam mewujudkan kesehatan sebagai bentuk HAM dan investasi SDM melalui pembangunan berwawasan kesehatan.

"Konsep Kabupaten Sehat adalah berasal dari keinginan dan kebutuhan masyarakat, dikelola oleh masyarakat sedangkan pemerintah berperan sebagai Fasilitator. Oleh karenanya pemerintah akan lebih baik lagi dalam membuka diri dan memberi peran lebih besar kepada masyarakat sehingga lebih memahami aspirasi kebutuhan masyarakat secara langsung melalui pemberdayaan masyarakat," ujar Sugianto.

Sementara itu Imam Surahman selaku koordinator Tim Verifikasi yang berasal dari Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI didampingi Devi selaku Perwakilan Kementerian Dalam Negeri, menyampaikan beberapa definisi dan ketentuan kriteria Kabupaten Sehat termasuk di dalamnya tujuan dilakukannya penilaian.

Imam menyampaikan proses administrasi Kabupaten Bangka Tengah sudah dianggap baik dan lolos hingga tahap verifikasi. Tujuan dari penilaian Kabupaten/Kota sehat, dijelaskan Imam,  sengaja dilakukan untuk mencapai kabupaten yang di dalamnya dihuni oleh masyarakat yang mempunyai kondisi kesehatan dan kesejahteraan yang terpenuhi.

"Semoga hasil dari pengecekan yang kami lakukan bersama tim tentang program Kabupaten Sehat ini, Bangka Tengah bisa mendapatkan hasil yang terbaik," kata Imam.

Tim kemudian melakukan kunjungan lapangan diantaranya beberapa lokus di Bangka Tengah yaitu Sanimas (Sanitasi Berbasis Masyarakat) Simpang Perlang, KWT (Kelompok Wanita Tani) Mentari di Desa Nibung dan Bank Sampah Temiang Jaya di Desa Guntung. *(RIS/APJ/Foto:FEK)

 

Sumber : Diskominfosta Bateng