Home Berita Terkini Tingkatkan Profesionalisme ASN Melalui Bimtek Prakom

Tingkatkan Profesionalisme ASN Melalui Bimtek Prakom

37
0
SHARE
Tingkatkan Profesionalisme ASN Melalui Bimtek Prakom

Koba - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Tengah (Bateng) melalui Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfosta) Bateng menggelar sosialisasi teknis pembuatan Daftar Usul Penetapan Angka Kredit (DUPAK) di Gedung Diklat BKPSDMD Kabupaten Bateng, Kamis (26/09/2019). Sosialisasi ini dilaksanakan selama satu hari dan diikuti oleh 59 peserta dengan jabatan fungsional Pranata Komputer (Prakom) di beberapa OPD di Bateng.

Bimbingan teknis (Bimtek) pembuatan DUPAK ini dilaksanakan untuk membantu Pranata Komputer agar dapat mengisi DUPAK mereka masing-masing. Pengisian DUPAK ini sebagai persyaratan kepengurusan kenaikan pangkat, mengingat jabatan mereka sebagai JFT (Jabatan Fungsional Tertentu). Tujuan utama dilaksanakannya Bimtek ini untuk memberikan sosialisasi juga menyemangati Prakom agar mereka mampu mengerjakan DUPAK mereka tepat waktu, karena ada beberapa Prakom yang belum mengerjakan DUPAKnya sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan sehingga terbengkalai. Maka dari itu, Bimtek ini diharapkan bisa memotivasi  dan membantu mereka untuk mengisi DUPAK.

Nordianto, S.Kom, M.T.I, selaku narasumber menjelaskan sosialisasi terkait dengan DUPAK bagi tenaga Pranata Komputer di Kabupaten Bangka Tengah ini dilakukan mengingat selama ini pengumpulan DUPAK dari masing-masing individu kurang tertib. Karena masih banyak yang mengumpulkan DUPAK pada saat kenaikan pangkat, padahal pengumpulan DUPAK  harus sesuai dengan periode, tidak terpaku pada saat kenaikan pangkat saja.

“Hal ini sebagai upaya untuk memotivasi bagi Pranata Komputer karena ada dua kendala yang besar yang dihadapi, yakni Prakom tidak mengetahui atau kurang memahami fungsi atau tugas yang ada di Instansi masing-masing, kemudian mereka tidak memahami angka kredit yang bisa diusulkan untuk jabatan pranata komputer itu sendiri. Untuk mengumpulkan angka kredit itu tidak sesulit yang dibayangkan karena point-pointnya sudah ada,” ujar Nordianto.

Syaiful Arief Susanto, S.IP, M.AP selaku Tim Penilai mengharapkan agar Prakom mempunyai eksistensi di bidangnya juga bisa diakui oleh rekan-rekan lain. Tunjukkan bahwa Prakom itu hebat dan unggul, Prakom bisa mandiri dan juga memiliki inovasi yang bisa  mengembangkan kompetensi-kompetensi yang mereka miliki.  

“Kami yakin bahwa Pranata Komputer tidak sembarangan orang karena untuk menjadi seorang Pranata Komputer, harus punya latar belakang yang spesifik. Jadi itulah uniknya Pranata Komputer sehingga dari sisi keunikannya itu kita gali, kita ambil potensinya, kita naikkan eksistensinya sehingga ada nilai jual,” ujar Syaiful.

Menurutnya, acara sosialisasi Daftar DUPAK untuk Prakom ini baru pertama kali diadakan di Kabupaten Bangka Tengah. Ini merupakan awal kebangkitan Prakom, untuk menyamakan persepsi ke depannya Prakom itu maunya seperti apa dan harus punya inovasi.

Acara berlangsung lancar, diakhiri dengan sesi Tanya jawab. Narasumber yang mengisi acara tersebut yakni Kabid Penyelenggaraan e-Government Tari Herdiana Agatha, SE, selaku Ketua Pranata Komputer Bangka Tengah, Kasi Pengembangan Aplikasi Keamanan Informasi Telekomunikasi dan Persandian Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik, Nordianto, S. Kom, M.T.I sebagai Sekretaris Tim Penilai, Kepala Bidang Pembinaan, Informasi dan Kepegawaian Dinas Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD), Hendri Noviyarto, S.IP. M.AP., Kasubbid Kenaikan Pangkat dan Pemberhentian BKPSDMD, Heru Haryono, S.H., Plt. Kasubbid Pengadaan dan Penempatan BKPSDMD, Mila Tazkiroh, SE,  Kasi Infrastruktur dan Teknologi, Benny Hidayat Gusti, ST sebagai tim penilai dari Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik, dan Kasubag Kepegawaian dan SDM Aparatur, Syaiful Arief Susanto, S.IP. M.AP sebagai tim penilai.* (QRY/WEE/Foto: FEK)

 

Sumber : Diskominfosta Bateng