Home Berita Terkini Vote Danau Kaolin Bangka Tengah dan Dapatkan Hadiah Menarik

Vote Danau Kaolin Bangka Tengah dan Dapatkan Hadiah Menarik

134
0
SHARE
Vote Danau Kaolin Bangka Tengah dan Dapatkan Hadiah Menarik

Koba - Perkembangan pariwisata di Bangka Tengah (Bateng) sedang dalam perhatian nasional. Pasalnya salah satu destinasi wisata di Bateng, yakni Kulong Biru atau yang lebih dikenal dengan sebutan Danau Kaolin, masuk ke dalam nominasi Anugerah Pariwisata Indonesia (API) Award 2019. Bersama dengan beberapa destinasi wisata lain di Indonesia, Kulong Biru menjadi nominasi yang bisa kita vote sebagai partisipasi menjadikan wisata Bangka Tengah lebih populer.

Kulong Biru pada dasarnya adalah sebuah danau yang terbentuk dari bekas galian tambang timah. Sekitar tahun 1970-an, pertambangan timah di lokasi tersebut mulai ditinggalkan oleh PT. Kobatin. Lambat laun cekungan tanah tersebut terisi air hujan dan akibat tempaan cuaca bertahun-tahun menyebabkan terciptanya danau yang berair biru. Itulah sebabnya, Kulong Biru disebut pula dengan Danau Biru. Sedangkan sebutan Danau Kaolin dikarenakan danau bekas galian tambang timah biasanya mengandung sisa-sisa mineral kaolin. Hal ini mirip dengan penampakan Danau Kaolin di Pulau Belitung, yakni air biru dan tanah liat putih. Namun demikian, kadar kaolin di Kulong Biru masih belum bisa dipastikan.

Terpilihnya Kulong Biru atau Danau Kaolin yang terletak di Desa Nibung, Kecamatan Koba sebagai salah satu nominasi API 2019 ini merupakan salah satu efek media sosial. Kombinasi antara ramainya postingan media sosial dan tingginya jumlah kunjungan ini disebabkan oleh tampilan Kulong Biru yang instagramable, sangat layak untuk diunggah di instagram dan media sosial lainnya. Pengunjung rata-rata mengunggah foto mereka saat di Kulong Biru sehingga info destinasi wisata unik ini makin tersebar luas. Selain itu API juga melihat dari tingginya permintaan wisatawan kepada agen perjalanan wisata untuk memasukkan Kulong Biru/ Danau Kaolin ini ke dalam jadwal kunjungan mereka ke Bangka Tengah. Tingginya animo pengunjung baik dari dalam maupun luar daerah ini menjadi salah satu tolok ukur bagi API 2019 dalam menentukan nominasi.

Bertempat di ruang Bidang Pariwisata Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olah Raga Bangka Tengah (Dinbudparpora Bateng), Selasa (02/07/2019), Pemandu Wisata, Bapak Wira Hadisurya, A.Md  menyampaikan pada Tim Diskominfosta Bateng bahwa warga Bateng atau siapapun yang  mendukung voting Kulong Biru/ Danau Kaolin ini bisa sekaligus memenangkan hadiah menarik dari Dinbudparpora Bateng yang disponsori oleh para pemerhati pariwisata. Cara vote bisa dengan beberapa cara, salah satunya dengan Ketik API (Spasi) 16B kirim ke 99386. Nantinya SMS yang terkirim ini bisa disimpan dengan tangkapan layar ponsel (screenshoot) dan peserta bisa mengirimnya melalui klik link https://tinyurl.com/y3pkh4r9 .

Proses voting API Award 2019 sudah dimulai sejak 1 Juni 2019 hingga puncaknya Oktober 2019, namun untuk giveaway ini dimulai sejak 7 Juli 2019 sampai dengan 21 Juli 2019, dengan hadiah total Rp500.000,- untuk 3 orang setiap minggunya. Untuk diketahui, setiap peserta bisa melakukan vote berulang kali dan tidak ada batasan. Jadi, kalau tidak sekarang, kapan lagi menjadikan Bangka Tengah populer dengan destinasi wisata uniknya? Yok, berikan suaramu! *(APJ/JPT/Pic:MRT)

 

Sumber: Diskominfosta Bateng