Home Berita Terkini Pemkab Bangka Tengah Akan Perluas Areal TPA Jongkong

Pemkab Bangka Tengah Akan Perluas Areal TPA Jongkong

7
0
SHARE
Pemkab Bangka Tengah Akan Perluas Areal TPA Jongkong

Koba, - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, akan memperluas areal tempat pembuangan akhir (TPA) di kawasan Jongkong.

"Kami sudah meminta kepada pihak PT Koba Tin menggunakan lahan mereka seluas 20 hektare untuk perluasan areal TPA yang ada sekarang," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bangka Tengah, Ali Imron di Koba, Selasa,(08/10/2019)

Ia menjelaskan, secara rasio memang kondisi TPA yang ada sekarang seluas tujuh hektare masih memungkinkan untuk menampung sampah rumah tangga namun tetap diperluas untuk progres jangka panjang.

"Dalam waktu dekat kami akan memperluas zona aktif penampungan sampah dan pada 2020 rencana kami akan memperluas areal atau lahan untuk penampungan sampah," ujarnya.

Ia menjelaskan, kondisi TPA Jongkong saat ini masih sanggup menampung sampah rumah tangga untuk puluhan tahun ke depan.

"Apalagi sekarang juga ada TPA di Kecamatan Sungaiselan untuk menampung sampah dari dua hingga tiga kecamatan di daerah ini," ujarnya.

Jika pembangunan TPA sampah regional di Desa Jelutung terealisasi tentu kata dia lebih aman dan mampu menampung sampah dari luar daerah.

"Namun pembangunan TPA regional tersebut masih menemui banyak kendala, terutama komitmen antar daerah dan pembebasan lahan," ujarnya.

 

Sumber : Antara News