Browse this website in:
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Komite Sekolah Wajib Dibentuk PDF Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Monday, 09 July 2012 09:42

Koba - Dewan Pendidikan Provinsi Bangka Belitung mewajibkan seluruh sekolah membentuk komite sekolah untuk membantu meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah yang bersangkutan.


"Komite sekolah itu merupakan salah satu komponen yang wajib dimiliki setiap sekolah dari tingkat SD hingga SMA, sehingga saya meminta kepada Dinas Pendidikan di setiap daerah agar menginstruksikan sekolah membentuk komite tersebut," ujar Ketua Dewan Pendidikan Babel, Suryadi Suhud di Koba, Minggu (8/7).

Menurut dia komite sekolah merupakan mitra dari sekolah dalam berbagai kegiatan seperti peningkatan infrastruktur sekolah dan lainya untuk mendukung proses kegiatan belajar dan mengajar guna meningkatkan mutu pendidikan di sekolah yang bersangkutan.

Ia menjelaskan pembentukan komite sekolah dilakukan dengan melibatkan tujuh komponen masyarakat di antaranya orang tua siswa, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, pengusaha, praktisi pendidikan dan lainnya yang keseluruhanya memiliki peran dalam peningkatan kualitas pendidikan terutama di daerahnya masing-masing.

menurut dia landasan pembentukan komite sekolah Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan yang salah satu poin di dalamnya mewajibkan setiap sekolah untuk membentuk komite sekolah.

"Komite sekolah juga dapat menjadi pengontrol terhadap setiap kegiatan pendidikan di sekolah yang bersangkutan, sehingga diharapkan ke depanya upaya penigkatan kualitas sumber daya manusia melalui bidang pendidikan dapat teralisasi sesuai dengan yang diharapkan," ujarnya.

Namun, kata dia, saat ini keberadaan komite sekolah belum dapat menjalankan peranya secara optimal karena hanya dijadikan pihak sekolah sebagai alat untuk memperoleh pendidikan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

"Untuk mendapatkan proyek ataupun hibah dari pemerintah pusat, maka sekolah harus mendapatkan persetujuan dari komite sekolah dan setelah itu komite tersebut tidak lagi memiliki peran, sehingga saya berharap agar pihak yang tergabung dalam komite sekolah dapat memahami perananya," ujarnya.

Menurut dia, belum optimalnya peran dari komite sekolah disebabkan beberapa faktor diantaranya seperti ketika melakukan pembentukan komite tersebut tidak mengacu kepada PP Nomor 17 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan, sehingga kinerjanya tidak selaras dengan amanat dalam peraturan itu.

Ia mengatakan untuk mewujudkan komite sekolah memiliki peran sesuai yang optimal, maka setiap pemerintah provinsi, kabupaten/kota melalui Dinas Pendidikan harus mensosialisasikan PP Nomor 17 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan ke sekolah di setiap daerah.

"Selama ini saya belum pernah mendengar Dinas pendidikan mensosialisasikan PP Nomor 17 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan kepada komite sekolah, sehingga wajar saja jika komite tersebut belum optimal menjalankan tugas pokok dan fungsinya," ujarnya.

Untuk itu, kata dia, diharapkan kepada seluruh pemerintah daerah khususnya di Provinsi Babel agar dapat mensosialisasikan perturan pemerintah tersebut kepada setiap komite sekolah untuk menyukses pelaksanaan sistempendidikan di Babel.

relatedArticles

Last Updated on Monday, 09 July 2012 09:49
 

Gallery Foto

SlideshowFx Picasa Widget for Joomla!
Copyright © 2010 www.OopsTouch.com
Banner
Banner
Banner
Banner