Browse this website in:
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Cara Peningkatan Produksi Lada Bangka Tengah PDF Print E-mail
User Rating: / 1
PoorBest 
Friday, 01 June 2012 10:12

Kepala Dinas Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Mahmudin Ibrahim mengatakan, diterapkannya kearifan lokal pada berkebun lada dapat meningkatkan produksi lada.

"Kalau kearifan lokal diterapkan dalam berkebun lada maka produksi bisa meningkat karena dalam kearifan lokal tersebut terdapat nilai-nilai yang sebenarnya jauh lebih baik dari pertanian modern," kata Mahmudin di Koba, Kamis. Kearifan lokal adalah gagasan atau nilai-nilai setempat atau lokal yang bersifat bijaksana, penuh kearifan, an bernilai baik yang tertanam dan diikuti oleh anggota masyarakatnya di wilayah itu.

"Beberapa contoh kearifan lokal yang biasa digunakan masyarakat sini antara lain dalam membasmi hama, masyarakat tidak perlu menggunakan pestisida untuk itu," kata Mahmudin.

Untuk menghalau nematoda hama, Mahmudin mengatakan masyarakat menggunakan daun kenikir.

"Jadi di sela-sela tanaman sahang atau lada, mereka menanam kenikir yang mana kalau nematoda makan kenikir mereka akan mati, nematoda ini penyebab berbagai penyakit pada sahang misalnya penyakit keriting," kata dia.

Selain itu, Mahmudin juga mengatakan masyarakat menggunakan pupuk kandang guna menghalau cacing atau larva penyebab penyakit kuning pada tanaman sahang.

"Kita beri pupuk kandang agar mengundang cacing tanah, masyarakat di sini percaya cacing halus dimakan cacing besar artinya larva dimakan cacing tanah," kata dia.

Selain itu Mahmudin mengatakan penggunaan tajar hidup juga dapat meningkatkan produksi lada.

"Penggunaan tajar hidup dinilai lebih awet, murah dan dapat menyuburkan lada, namun tetap saja butuh perhatian ekstra karena harus dipangkas secara rutin agar sinar matahari tetap bisa masuk menyinari lada," kata dia.

Produksi lada di Bangka Tengah pada 2011 meningkat 120 kg per hektare dibanding tahun 2010.

"Tahun 2010 produksi lada 1,18 ton per hektar, tahun 2011 meningkat jadi 1,30 ton per hektar, peningkatan ini terjadi karena Sumber Daya Manusia (SDM) petani lada kita mengetahui cara merawat lada yang baik dan benar salah satunya dengan menerapkan kearifan lokal," kata dia.

relatedArticles

 

Gallery Foto

SlideshowFx Picasa Widget for Joomla!
Copyright © 2010 www.OopsTouch.com
Banner
Banner
Banner
Banner