Home Berita Instansi dan Kementerian 15 Pemuda Bersaing dalam Ajang Pemilihan Duta Pepelingasih Bangka Tengah Tahun 2024

15 Pemuda Bersaing dalam Ajang Pemilihan Duta Pepelingasih Bangka Tengah Tahun 2024

184
0
SHARE
15 Pemuda Bersaing dalam Ajang Pemilihan Duta Pepelingasih Bangka Tengah Tahun 2024

KOBA – Sebanyak 15 pemuda yang berasal dari setiap kecamatan di Kabupaten Bangka Tengah menjadi peserta dalam Training of Trainers (TOT) Duta Pemuda Peduli Lingkungan Asri dan Bersih (Pepelingasih) sekaligus pemilihan Duta Pepelingasih Tahun 2024. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Dinbudparpora) Kabupaten Bangka Tengah bertempat di Gedung Diklat BKPSDMD Kabupaten Bangka Tengah, Kamis (13/06/2024).

Sebelumnya, pendaftaran TOT dan pemilihan Duta Pepelingasih ini sudah dibuka sejak 15 Mei hingga 10 Juni 2024 lalu. Tujuan kegiatan ini untuk membangun semangat para pemuda di wilayah Kabupaten Bangka Tengah yang memiliki minat dan rasa peduli dalam aksi lingkungan.

Kepala Dinbudparpora, Zainal mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah senantiasa berkomitmen untuk meningkatkan sumber daya manusia, termasuk pemuda. Oleh karena itu, perlu adanya peningkatan kapasitas pemuda dengan mewujudkan sinergi antara pemerintah, organisasi pemuda, serta pihak-pihak terkait.

“Kegiatan TOT sekaligus Duta Pepelingasih ini merupakan bentuk komitmen kita bersama dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, khususnya para pemuda dengan harapan dapat meningkatkan kapasitas pemuda khususnya yang memiliki minat dalam aksi lingkungan di Kabupaten Bangka Tengah,” ujarnya.

Sementara itu, Kabid Kepemudaan dan Olahraga Dinbudparpora, Indra Gunawan, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang diselenggarakan setiap tahunnya dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (KEMENPORA) , di mana kegiatan ini dilaksanakan dari tingkat kabupaten, provinsi kemudian akan bersaing hingga ke tingkat nasional. Adapun biaya lomba berasal dari APBD Kabupaten Bangka Tengah.

“Peserta lomba ini adalah para pemuda yang berusia 16 hingga 30 tahun. Penilaiannya berupa tes tertulis, diskusi, wawancara, dan beberapa penilaian lainnya seperti, membuat program kerja tentang aksi lingkungan serta public speaking,” ucapnya.

Dihadiri juga oleh para alumni Pepelingasih tingkat provinsi dan kabupaten serta para aktivis lingkungan lainnya.* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

 

Penulis: Rini Martini/Dinbudparpora Bateng

Editor: Kumala Sari Dewi

Fotografer: Dinbudparpora Bateng