Home Berita Instansi dan Kementerian 1,5 Ton Bawang Merah Berhasil Dipanen, Algafry Optimis Kelompok Tani Bisa Tingkatkan Produktivitas

1,5 Ton Bawang Merah Berhasil Dipanen, Algafry Optimis Kelompok Tani Bisa Tingkatkan Produktivitas

447
0
SHARE
1,5 Ton Bawang Merah Berhasil Dipanen, Algafry Optimis Kelompok Tani Bisa Tingkatkan Produktivitas

NAMANG – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) bersama Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) melakukan seremonial panen bawang merah bantuan APBD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun Anggaran 2023, bertempat di Kebun Kelompok Tani Air Papan II, Desa Jelutung Kecamatan Namang, Senin (06/11/2023).

Kedatangan Algafry Rahman selaku Bupati Bangka Tengah, memanen bawang merah bersama para anggota Kelompok Tani Air Papan II sebagai bentuk dukungan karena telah berhasil menanam bawang merah hingga panen.

"Di tengah cuaca yang begitu panas sebagai dampak El-Nino, semangat para petani bawang yang luar biasa inilah membuat hasil panen kali ini berlimpah. Walaupun menghadapi kendala namun bisa mereka atasi," ujarnya seraya bersyukur dengan hasil panen berlimpah.

Sebuah kesungguhan, menurut Bang Ayi sapaan akrab Bupati adalah cikal bakal sebuah keberhasilan.  Keberhasilan panen bawang merah dan bisa didistribusikan kepada masyarakat Bangka Tengah, bukti nyata sebuah kesungguhan.

Saat ditemui di tempat yang sama, Edi Romdhoni selaku Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Babel mengatakan panen bersama ini dilakukan untuk mendukung pengembangan sektor pertanian, salah satunya adalah petani bawang merah.

Ia mengaku jika saat ini produksi di angka 2 – 3 persen dan masih berupaya meningkatkan dengan mengoptimalkan petani bawang merah di Bangka Belitung. Targetnya akan selalu ditingkatkan menjadi 4, 5, dan 6 persen seperti di daerah lain.

"Semoga kedepannya Bangka Belitung akan seperti daerah-daerah lain. Bisa mengekspor bawang merah. Mari kita dukungan para petani kita untuk terus konsentrasi bertani," harap Edi.

Sarfery selaku Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Jelutung Raya, mengatakan bahwa tanaman bawang merah ini membutuhkan waktu sekitar 2 bulan hingga siap panen.

"Alhamdulillah, hasil panen kita saat ini kurang lebih 1,5 Ton dengan luas lahan 0,5 Ha. Hasil panen ini akan kita jual ke masyarakat di Desa Jelutung dan pasar-pasar terdekat," ujarnya yang merasa senang hasil kerja keras mereka berbuah manis.* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

Penulis: Redoh Soniman

Editor: Kumala Sari Dewi

Fotografer: Dody Firmansyah