Home Berita Instansi dan Kementerian 20 Inovasi Pemkab Bangka Tengah Lolos Tahap Penilaian KIPP Provinsi, Paling Banyak se-Bangka Belitung

20 Inovasi Pemkab Bangka Tengah Lolos Tahap Penilaian KIPP Provinsi, Paling Banyak se-Bangka Belitung

545
0
SHARE
20 Inovasi Pemkab Bangka Tengah Lolos Tahap Penilaian KIPP Provinsi, Paling Banyak se-Bangka Belitung

KOBA – Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) adalah ajang yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) untuk mendorong tumbuhnya inovasi dalam pelayanan publik. KIPP diikuti oleh instansi pemerintah, BUMN, dan BUMD yang ingin meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Setiap inovasi dapat bersaing menjadi finalis Top Inovasi dan Top Inovasi Terpuji. KIPP diluncurkan setiap tahun dan merupakan salah satu upaya pemerintah untuk membiasakan budaya praktik terbaik bagi penyelenggara pelayanan publik.

Berdasarkan rekapitulasi proposal yang ikut serta dalam KIPP Tingkat Provinsi dan lolos pada tahap pertama, Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah mengajukan 20 inovasi, paling banyak se-Kepulauan Bangka Belitung, Selasa (19/09/2023).

Adapun Pemerintah Provinsi Babel sebanyak 7 inovasi, Pemerintah Kota Pangkalpinang 3 inovasi, Pemerintah Kabupaten Bangka 13 inovasi, Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan 9 inovasi, Pemerintah Kabupaten Bangka Barat 4 inovasi, Pemerintah Kabupaten Belitung 3 inovasi, Pemerintah Kabupaten Belitung Timur 2 inovasi, POLRES Bangka Tengah 1 inovasi.

Saat ini sedang dilakukan penilaian proposal oleh tim juri provinsi untuk memilih 10 inovasi yang akan dilakukan penilaian tahap 2.

Informasi yang dihimpun dari Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah (Bappelitbangda), Pemkab Bangka Tengah memiliki 172 inovasi, ada 52 inovasi yang telah diikutsertakan dalam penilaian IGA (Innovation Government Award) yang selenggarakan oleh Kemendagri yang sedang menunggu hasilnya.

Digarap secara serius oleh tim bengkel inovasi Bappelitbangda, dari 52 inovasi inilah, dipilih 20 inovasi terbaik untuk diikutsertakan dalam penilaian KIPP tingkat provinsi dan Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah optimis bisa masuk ke posisi 5 besar dari 10 posisi teratas yang akan terpilih.* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

Penulis: Kumala Sari Dewi

Editor: Asti Pradiajayanti