Home Berita Instansi dan Kementerian 20 Petani Peternak di Bangka Tengah Terima Pelatihan, Asah Pengetahuan dan Keterampilan

20 Petani Peternak di Bangka Tengah Terima Pelatihan, Asah Pengetahuan dan Keterampilan

68
0
SHARE
20 Petani Peternak di Bangka Tengah Terima Pelatihan, Asah Pengetahuan dan Keterampilan

NAMANG - Berbagai upaya dilakukan guna meningkatkan populasi ternak, terutama dalam menjaga kesehatan ternak di tengah merebaknya wabah penyakit mulut dan kuku (PMK), salah satunya melalui Pelatihan Petani Peternak Mandiri oleh Dinas Pangan Kabupaten Bangka Tengah, Selasa (05/07/2022) di Balai Penyuluhan Pertanian (BTP) Namang.

Gelaran pelatihan ini akan dilakukan selama 2 hari, dimulai tanggal 5-6 Juli 2022 dengan pemberian teori oleh narasumber dan praktek langsung lapangan di hari selanjutnya. Diikuti sebanyak 20 orang petani/peternak perwakilan 6 kecamatan se-Kabupaten Bangka Tengah.

"Keberadaan ternak yang sehat memiliki nilai ekonomis yang tinggi dan ini tentu menjadi harapan semua peternak,” hal ini disampaikan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Bangka Tengah, Ahmad Syarifullah Nizam mewakili Bupati Bangka Tengah, sekaligus membuka pelatihan.

“Apalagi berdasarkan data yang kita terima sampai Mei 2022 jumlah sapi terinfeksi PMK di Bangka Belitung berada di posisi teratas secara nasional, sedang untuk Bangka Tengah sendiri diposisi teratas dengan jumlah 793 ternak terinfeksi," sambungnya.

Ia melanjutkan, pemerintah daerah melalui Dinas Pangan Bangka Tengah memiliki tanggung jawab dalam meningkatkan kapasitas pengetahuan dan kemampuan peternak, telah melakukan bukti kerja nyata berupa penyelenggaraan pelatihan ini.

Hal ini mengingat tidak lama lagi akan menghadapi perayaan Hari Raya Idul Adha yang kegiatan pokoknya yakni penyembelihan hewan kurban.

"Apalagi hingga saat ini peternakan di Bangka Tengah terus mengalami perkembangan seiring semakin meningkatnya populasi sapi. Tentu ini menjadi sebuah kebanggaan, semangat juga minat masyarakat untuk memelihara sapi yang pada akhirnya meningkatkan populasi sapi itu sendiri," ujar syarifullah.

"Ikutilah kegiatan ini dengan baik dan serap segala pengetahuan yang diberikan narasumber dan hal-hal bermanfaat yang didapatkan dari pelatihan ini. Nantinya akan dapat diterapkan dipeternakannya masing-masing," ajak Syarifullah seraya berharap para peserta dapat mengikuti pelatihan ini dengan seksama.

Di kesempatan yang sama, Plt. Kepala Dinas Pangan Bangka Tengah, Sajidin, menuturkan pelatihan ini bertujuan menciptakan SDM petani/peternak yang berkualitas, handal serta berdaya saing dalam membangun sektor pertanian.

"Kita ingin mengasah pengetahuan dan keterampilan para petani/peternak dalam mewujudkan pertanian yang kuat dan Tangguh. Khususnya di bidang peternakan di tengah wabah PMK pada hewan ternak serta meningkatkan kemampuan dan wawasan serta keahlian para petani/peternak dalam memanfaatkan teknologi menuju petani maju mandiri dan modern," jelas Sajidin.

Sajidin berharap, narasumber bisa mentransfer pengalaman dan pengetahuannya kepada peternak yang ada di Bangka tengah sehingga mampu membawa perubahan pola pengelolaan ternaknya.

Hadir sebagai narasumber dari Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan (BBPKH) Cinagara Bogor dan Dokter hewan Euis Nia Setiawati.

Turut dihadiri Perwakilan Bappelitbangda Bateng, Kepala Diskominfosta Bateng, Perwakilan Kecamatan Namang, Perwakilan Perangkat Desa Belilik, Perwakilan Perangkat Desa Namang, Penyuluh BPP Namang dan peserta petani/peternak perwakilan kecamatan se-Kabupaten Bangka Tengah.* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

Penulis: Karina Ningsih

Editor: Kumala Sari Dewi

Fotografer: Redoh Soniman