Home Berita Instansi dan Kementerian 3.320 Siswa SD se-Kabupaten Bangka Tengah Sikat Gigi Massal Peringati HKGN

3.320 Siswa SD se-Kabupaten Bangka Tengah Sikat Gigi Massal Peringati HKGN

225
0
SHARE
3.320 Siswa SD se-Kabupaten Bangka Tengah Sikat Gigi Massal Peringati HKGN

PANGKALAN BARU – Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman didampingi Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Bangka Tengah, drg. Eva Algafry mengunjungi SD Negeri 4 Pangkalan Baru dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Gigi Nasional (HKGN), Senin (12/09/2022).

HKGN merupakan agenda tahunan yang diperingati setiap tanggal 12 September sebagai momentum kepedulian Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) terhadap kesehatan gigi dan mulut dalam skala nasional.

Dalam sambutannya, Bupati Bangka Tengah mengapresiasi kegiatan yang merupakan kerja sama Pemkab Bangka Tengah dengan PDGI ini.

"Bertepatan momentum HKGN ini, pertama kami ucapkan terima kasih kepada PDGI yang sudah bekerja sama dengan kami (Pemkab Bangka Tengah -red) sehingga acara ini bisa dilaksanakan. Kami menyambut baik kegiatan ini serta akan terus mendukung kegiatan-kegiatan PDGI dalam upaya meningkatkan kesehatan gigi dan mulut di Bangka Tengah," ucap Algafry.

"Ini kegiatan yang sangat bermanfaat karena kegiatan ini memberikan edukasi bagi anak-anak sejak dini. Dampaknya pada perilaku anak dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut, nantinya akan menjadi perkembangan baik bagi si anak," lanjutnya.

Kegiatan yang mengangkat tema "Pulih Bersama dengan Senyum Sehat Indonesia" ini mencanangkan gerakan Cermin Untuk Senyum Sehat Anak-anak Bangka Belitung, yakni pembagian cermin ke sekolah-sekolah dan akan diletakkan sebelum ruang kelas. Diharapkan setiap sebelum memasuki kelas, anak-anak terbiasa melihat kondisi kebersihan gigi dan mulut melalui cermin tersebut.

Pada kegiatan ini juga dilakukan gosok gigi massal oleh seluruh siswa yang hadir dan dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia yang terhubung melalui virtual zoom meeting dan total siswa yang mengikuti gosok gigi massal sejumlah 3.320 di Kabupaten Bangka Tengah baik secara daring maupun luring.

Saat ditemui, Eva Algafry yang juga seorang dokter gigi ini merasa sangat bersemangat melihat anak-anak antusias mengikuti kegiatan ini. Ia berharap agar semua anak semangat menjaga kebersihan gigi dan mulut hingga menjadi kebiasaan baik seterusnya.

"Saya senang dan jadi bersemangat, ya, melihat antusiasme anak-anak dalam mengikuti kegiatan ini. Dengan sikat gigi massal ini mereka diedukasi tentang tata cara praktik menyikat gigi yang baik dan benar," jelasnya.

"Kami berharap kegiatan ini bukan hanya seremonial belaka, tetapi semangat hari ini akan terus dijaga dan semoga edukasi yang sudah diberikan membuat anak-anak memiliki kesadaran dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut," lanjut Eva.

Hadir dalam kegiatan ini Camat Pangkalan Baru, Ketua TP PKK Kecamatan Pangkalan Baru, Kepala Puskesmas Pangkalan Baru, Ketua PDGI Cabang Pangkalpinang, para Dokter Gigi di wilayah Pangkalpinang dan Bangka Tengah, juga Kepala Puskesmas dan perwakilan Dinas Kesehatan Bangka Tengah. *Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

Penulis: Yudi Rispandy

Editor: Asti P

Fotografer: Prayogi Januardi