Home Berita Terkini Agriculture Operational Room Diresmikan, Algafry: Menuju Pertanian Maju, Mandiri dan Modern

Agriculture Operational Room Diresmikan, Algafry: Menuju Pertanian Maju, Mandiri dan Modern

149
0
SHARE
Agriculture Operational Room Diresmikan, Algafry: Menuju Pertanian Maju, Mandiri dan Modern

Namang – Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman, ST meresmikan Agriculture Operational Room (AOR), Gedung Informasi Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Namang di Desa Belilik Kecamatan Namang, Selasa (19/10/2021).

Gedung Informasi BPP Namang dibangun melalui Anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Tahun Anggaran 2021, mulai dibangun pada Juli 2021, beserta Peralatan Sarana Keinformasian yang terdiri dari Desktop PC, Soundsystem, Mic wireless, Smart Tivi, Web Camera dan UPS.

Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman, ST dalam kesempatan ini mengatakan bahwa Kementerian Pertanian akan melakukan Transformasi Balai Penyuluh Pertanian (BPP) di seluruh Indonesia menjadi Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani) yang berdampak positif bagi pertanian khususnya meningkatkan ekonomi dan pendapatan petani sehingga menjadikan para petani sejahtera.

“Kostratani merupakan pusat kegiatan pembangunan pertanian di kecamatan yang mengoptimalkan tugas, fungsi dan peran BPP dengan memanfaatkan teknologi informasi dalam mewujudkan kedaulatan pangan nasional. Sedangkan BPP berfungsi sebagai pusat data dan informasi, pusat pembelajaran untuk penyuluh dan petani, pusat gerakan pembangunan pertanian, pusat konsultasi agribisnis dan pusat pengembangan jejaring kemitraan,”jelas Algafry.

Lebih lanjut, Ia mengatakan secara bertahap akan melengkapi sarana dan prasarana BPP di Kabupaten Bangka Tengah sehingga diharapkan BPP Namang dan BPP lainnya di Kabupaten Bangka Tengah akan menjadi contoh bagi BPP lainnya di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung maupun di tingkat nasional.

“Adanya sarana keinformasian ini diharapkan bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin. Para petani bisa mengikuti kegiatan-kegiatan pelatihan secara online baik yang dilaksanakan oleh Kementerian Pertanian, Balai-Balai Pelatihan, maupun dari instansi lainnya. Para Penyuluh Pertanian Lapangan dan petani saling mendukung dan bersinergi dalam kegiatan pertanian demi menyukseskan program menuju Petani Bangka Tengah Maju, Mandiri dan Modern serta menjadikan Pertanian Kabupaten Bangka Tengah Semakin Unggul,” harap Algafry.

Diakhir sambutannya Bupati Bangka Tengah mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Pertanian dan BPP Lampung, serta stakeholder yang terlibat dalam bidang pertanian terutama para Penyuluh Pertanian Lapangan yang merupakan ujung tombak pembangunan pertanian di Kabupaten Bangka Tengah.

Hal serupa dikatakan Edi Romdhoni,SP.,MM selaku Kepala Dinas Pangan Kabupaten Bangka Tengah mengatakan bahwa Agriculture Operational Room (AOR) BPP Namang merupakan pusat data dan informasi pertanian guna mendukung program dan strategi pembangunan pertanian di Kabupaten Bangka Tengah.

“Alhamduillah hari ini Bupati Bangka Tengah telah meresmikan AOR BPP Namang. AOR ini merupakan pusat data pertanian sebagaimana arahan dari Kementerian Pertanian bahwa setiap BPP di Kecamatan akan dijadikan sebagai pusat Kostratani. Membangun pertanian harus menguasai data sehingga kita bisa menyusun program dan strategi yang dikembangkan dalam rangka mensukseskan pembangunan pertanian,” papar Edi.

Dari 6 (enam) BPP di Bateng baru BPP Namang yang sudah bisa beroperasi karena mendapatkan bantuan dari Kementerian Pertanian melalui Dana Alokasi Khusus (DAK), sedangkan BPP yang lain terkendala belum adanya ruangan khusus dan jaringan.

“Tadi kita sudah mencoba Peralatan Sarana Keinformasian dan Bapak Bupati sudah melakukan Zoom menyapa para petani di Kabupaten Bangka Tengah dan BPP Lampung. Kedepannya AOR akan digunakan sebagai sarana pelatihan secara online bagi para petani sehingga lebih efektif dan efisien,” jelas Edi.

Lebih lanjut Ia mengharapkan dengan adanya Gedung Informasi ini kemajuan teknologi dan informasi tentang pertanian bisa diakses oleh para pengguna terutama para petani yang membutuhkan, dan dapat memantau langsung perkembangan dan kondisi pertanian di seluruh Kecamatan-Kecamatan yang ada di Kabupaten Bangka Tengah.

Hadir dalam kegiatan ini Direktur Irigasi Kementerian Pertanian Ir.Rahmanto,M.Sc, Kepala Balai Besar Uji Standar Karantina Pertanian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kepala BPP Lampung Dr. Roni Angkat, M.Si, Perwakilan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Asisten 2 Bidang Perekonomian, Kepala Dinas Pangan Kabupaten Bangka Tengah beserta jajarannya, Perwakilan Bappeda Kabupaten Bangka Tengah, Perwakilan Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Tengah, Camat Namang, Penyuluh Pertanian Lapangan se-Kabupaten Bangka Tengah.* (YHP/WEE/Foto:YHP)

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah