Home Daerah Ajak Generasi Muda Peduli Kesehatan, TP UKS/M Bangka Tengah Adakan Gebyar Edukasi Kesehatan Remaja

Ajak Generasi Muda Peduli Kesehatan, TP UKS/M Bangka Tengah Adakan Gebyar Edukasi Kesehatan Remaja

661
0
SHARE
Ajak Generasi Muda Peduli Kesehatan, TP UKS/M Bangka Tengah Adakan Gebyar Edukasi Kesehatan Remaja

PANGKALAN BARU - Tim Pembina Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (TP UKS/M) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) gelar Gebyar Edukasi yang mengusung tema Generasi Milenial, Sehat dan Produktif di Ruang Tanjung Kelayang, Hotel Santika, Kecamatan Pangkalan Baru, Senin (08/08/2022).

Gebyar Edukasi Kesehatan Remaja ini dibuka oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Bateng, Pittor dan menghadirkan narasumber, yakni Eva Algafry selaku Ketua TP-PKK Bangka Tengah serta Pimpinan Ponpes Darul Mahabbah, Ustaz Kemas Mahmud Alhanif.

Tidak hanya itu, pada Gebyar Edukasi Kesehatan Remaja ini juga dilakukan Pencanangan Minum TTD atau Tablet Tambah Darah pada remaja Putri oleh Eva Algafry yang sekaligus selaku Bunda Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) Bateng.

Pittor mengatakan Gebyar Edukasi Kesehatan Remaja ini merupakan kolaborasi antara Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Bagian Kesejahteraan Rakyat serta Kementerian Agama Bateng dengan tujuan untuk memberikan pembekalan untuk para generasi muda khususnya remaja yang mulai dari usia SMP/MTs sampai dengan SMA/SMK/MA se-Bateng.

"Tujuan edukasi ini untuk memberikan pengetahuan bagi mereka terkait kesehatan remaja, dalam hal ini dari segi kesehatan fisik yang akan diisi oleh Ketua TP-PKK Bangka Tengah dan dari sisi kesehatan mental berupa bimbingan spiritual dan mental oleh Pimpinan Ponpes Darul Mahabbah Pangkalpinang," jelas Pittor.

"Kita harapkan dengan materi yang diberikan dapat semakin menjadikan generasi Bangka Tengah yang unggul, unggul dari segi fisik maupun mentalnya," harapnya.

Pittor yang mewakili Bupati Bateng juga menuturkan Gebyar Edukasi ini diharapkan dapat membuat para generasi muda lebih mengenal dan sadar akan diri mereka sendiri.

Selaku narasumber, Eva Algafry, mengapresiasi kegiatan ini dikarenakan Gebyar Edukasi Kesehatan Remaja menjadi salah satu bentuk atau langkah untuk mengajak generasi muda lebih paham dan peduli tentang kesehatan diri maupun lingkungan.

“Ini adalah program yang sangat baik, jadi kita memberikan sosialisasi dan edukasi kepada generasi muda, akan kesehatan diri maupun lingkungan,” kata Eva.

“Kita juga disini mengajak para remaja putri untuk secara teratur mengonsumsi tablet tambah darah bagi mereka yang sudah mengalami periode menstruasi untuk menghindari anemia,” ungkapnya lebih lanjut.

Bunda Germas Bateng ini juga berpesan agar para generasi muda yang hadir ini dapat menjadi promotor kesehatan bagi teman-temannya maupun lingkungan sehingga edukasi terkait kesehatan remaja ini dapat semakin meningkat dan tersebar.

Ia juga berharap generasi muda Bateng ini tidak hanya sehat secara jasmani atau fisik, melainkan sehat secara keseluruhan.

“Kita juga berharap generasi muda Bangka Tengah ini sehat secara keseluruhan artinya sehat secara jasmani atau fisiknya juga sehat secara mental atau spiritualnya,” imbuhnya.

Hadir juga Alamsyah selaku Kabid Pendidikan SD Dinas Pendidikan Bateng, La Barihi selaku Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Bateng, Dory Oktora selaku Plt. Kabag Kesra Setda Bateng, Zulyan selaku Kabid Kesmas Dinkes Bateng, Perwakilan Guru dan siswa/siswi SMP/MTs dan SMA/SMK/MA se-Bateng.* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

Penulis: Prayogi J

Editor: Kumala Sari Dewi

Fotografer: Prayogi J