Home Berita Terkini Ajang Promosi Kekayaan Alam, Bangka Tengah Gelar Kontes Durian di Air Mesu

Ajang Promosi Kekayaan Alam, Bangka Tengah Gelar Kontes Durian di Air Mesu

101
0
SHARE
Ajang Promosi Kekayaan Alam, Bangka Tengah Gelar Kontes Durian di Air Mesu

Pangkalan Baru – Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah melalui Dinas Pertanian menggelar Festival Buah-buahan, Selasa (07/01/2020) di Lapangan Bola Desa Air Mesu, Pangkalan Baru dengan tema ‘Durian Meningkatkan Kesejahteraan dan Mempererat Tali Silaturahmi menjadi Bangka Tengah Unggul’ di mana salah satu acaranya yakni Kontes Durian. Dimeriahkan juga dengan Pameran Bonsai se-Desa Air Mesu dan Desa Mesu Timur, Lomba Mewarnai Tingkat Taman Kanak-kanak, booth pelayanan terpadu dari Dinas Kesehatan juga bazar Produk UMKM setempat.

Bupati Bangka Tengah, Dr. Ir. H. Ibnu Saleh, MM., yang membuka acara secara langsung dalam sambutannya  menyatakan  bahwa kontestasi buah durian tahun 2020 bisa menjadi sarana motivasi bagi para pelaku usaha/petani lokal untuk mengembangkan usaha di subsektor agrobisnis buah – buahan.

“Output kontes durian ini adalah untuk menyaring potensi buah–buahan varietas lokal sehingga melahirkan spesies buah durian baru dengan kualitas tinggi serta memiliki cita rasa yang khas,” ujarnya.

Ibnu Saleh juga memaparkan bahwa komoditas durian di masa mendatang akan memiliki nilai ekonomi tinggi yang dapat menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat dan petani baik berskala kecil, menengah maupun besar. Dukungan keragaman jenis, ketersediaan sumberdaya lahan dan teknologi, serta potensi serapan pasar di dalam negeri yang terus meningkat menjadi faktor penting terhadap kemajuan pengembangan tanaman durian.

”Semoga acara ini menjadi motivasi agar kedepannya  dapat  terus ditingkatkan. Di samping itu juga, saya berharap kedepannya acara seperti ini tetap dipertahankan karena dapat mendongkrak pariwisata dan perekonomian masyarakat di Kabupaten Bangka Tengah,” pesan Ibnu Saleh mengakhiri sambutannya.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian, Sajidin, SE., MM., dalam laporannya menyampaikan acara tahunan ini memiliki tujuan selain untuk mempererat tali silaturahmi juga sebagai ajang promosi sumber daya lokal melalui kontestasi buah sehingga bisa memberikan dampak positif bagi pariwisata dan perekonomian rakyat.

“Selain itu juga sebagai wadah rekreasi keluarga dan edukasi sejak dini melalui rangkaian kegiatan yang dilaksanakan meliputi kontes durian, lomba mewarnai dan pameran bonsai ini,” ujarnya.

Acara berlangsung sukses dan meriah ini dihadiri oleh seluruh anggota Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Bangka Tengah, mulai dari Kejaksaan Negeri, Polres, Pengadilan Negeri, Koramil, para Kepala OPD, Ketua TP PKK Bangka Tengah, Hj. Iriani Melita Ibnu Saleh beserta para kader, para Staf Ahli dan Asisten di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah. Hadir pula perwakilan Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, perwakilan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Bangka Belitung, seluruh Penyuluh Pertanian se-Bangka Tengah, Camat Pangkalan Baru beserta para Kades dan Kadus serta masyarakat setempat.

Dari 42 peserta kontes durian dan setelah melalui penilaian dalam aspek rasa, pongge (besarnya biji dan tebalnya buah), penampilan dan keunikan, maka diperoleh pemenang pertama Durian Nek Dayang dari Bukit Tenggiling, pemenang kedua Si Bujang Tanggung dari Bukit Mangkol, pemenang ketiga Durian Sun Go Kong, pemenang keempat Durian Durian Pisu, kelima dan keenam ditempati Durian Sungoi dan Durian Molen.*(APJ/WEE/Foto:APJ&MRT)

   

Sumber : Diskominfosta Bangka Tengah