Home Berita Instansi dan Kementerian Algafry Jaring Isu-isu Prioritas Lingkungan Hidup untuk Pembangunan Bangka Tengah

Algafry Jaring Isu-isu Prioritas Lingkungan Hidup untuk Pembangunan Bangka Tengah

348
0
SHARE
Algafry Jaring Isu-isu Prioritas Lingkungan Hidup untuk Pembangunan Bangka Tengah

PANGKALANBARU – Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah melalu Dinas Lingkungan Hidup menggelar Konsultasi Publik I Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Rencana Tata Ruang Wilatah (RTRW) Kabupaten Bangka Tengah Tahun 2024-2044, bertempat di Ballroom Hotel Soll Marina, Kecamatan Pangkalanbaru, Selasa (26/09/2023).

Kegiatan yang dihadiri oleh stakeholder mulai dari pemerintah daerah, kecamatan, pemerintah desa, perusahaan milik BUMN maupun swasta, hingga tokoh masyarakat ini digelar sebagai upaya untuk menentukan isu pembangunan berkelanjutan dan penarikan isu prioritas lingkungan hidup yang menjadi dasar penyusunan dokumen Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Bangka Tengah tahun 2024-2044.

Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menjaring isu-isu prioritas lingkungan hidup di Kabupaten Bangka Tengah dengan melibatkan seluruh stakeholder yang dianggap mengetahui isu lingkungan yang terjadi.

“Saya mengajak semua teman-teman yang hadir di sini untuk memberikan masukan dan saran supaya hal yang kita hasilkan hari ini sesuai dengan tujuan kita yaitu memastikan pembangunan Bangka Tengah yang berkelanjutan,” tutur Algafry.

Ia berharap agar masukan yang disampaikan menjadi acuan proses penyusunan KLHS RTRW Kabupaten Bangka Tengah guna mewujudkan alokasi dan pola penggunaan ruang yang dapat mendukung pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.

“Bapak/Ibu yang hadir di sini, sampaikan keluhan, masukan, saran terkait isu lingkungan terjadi, karena ini akan menjadi dasar penyusunan KLHS RTRW Bangka Tengah 2024-2044. Jangan sampai nanti sudah rampung baru ada yang berkomentar,” ucap Algafry.

Konsultasi publik kali ini menghadirkan narasumber yang juga merupakan Ketua Tim Tenaga Ahli Penyusunan Dokumen KLHS RTRW Kabupaten Bangka Tengah Tahun 2024-2044, Dr. Lutfi Muta’ali, M.T., yang membahas isu pembangunan berkelanjutan yang terjadi di Bangka Tengah, pengelompokan isu strategis, dan penarikan isu prioritas lingkungan hidup.

Turut hadir dalam kegiatan ini, yakni Kepala Dinas Lingkungan Hidup Bangka Tengah, Pabung Kodim 0413/Bangka, dan perwakilan Kepolisian Resor Bangka Tengah.

Penulis: Deanty N

Editor: Kumala Sari Dewi

Fotografer: Prayogi J