Home Berita Terkini Algafry Optimis Bateng Semakin Unggul dalam Pelayanan SPAM ke Masyarakat

Algafry Optimis Bateng Semakin Unggul dalam Pelayanan SPAM ke Masyarakat

578
0
SHARE
Algafry Optimis Bateng Semakin Unggul dalam Pelayanan SPAM ke Masyarakat

Namang – Di tahun 2022-2026 Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Tengah akan fokus pada target 100% layanan air minum layak bagi seluruh masyarakat Bangka Tengah. Ini disebut Algafry Rahman, ST., selaku Bupati Bangka Tengah, sewaktu menghadiri peresmian dan penandatanganan Sertifikat Sarana Air Minum Sanitasi Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) III, di Desa Cambai Selatan, Jumat (26/11/2021).

Pamsimas dibangun oleh Balai Prasarana Permukiman Provinsi Bangka Belitung (BPPW) dan Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan (DPUTRP) Kabupaten Bangka Tengah bersama dengan Konsultan Pamsimas III. Ini merupakan program perencanaan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Perdesaan yang bersumber dari dana Hibah Insentif Desa (HID) Tahun Anggaran 2021.

"Alhamdulillah untuk SPAM (Sistem Penyediaan Air Minum) di Kabupaten Bangka Tengah, semua desa sudah dipasang dan dialirkan air PAM dengan kualitas air yang begitu diawasi dan terkontrol sehingga baik kualitas, kuantitas, dan berkelanjutan," ungkapnya.

Menurutnya, Pamsimas telah menjadi program penting Kabupaten Bangka Tengah sejak tahun 2014 sampai dengan sekarang. Program ini, mengintervensi akses air minum layak di 38 desa/kelurahan yang ada di Bangka Tengah.

“Ini merupakan momen untuk berbagi tantangan dan menguatkan komitmen, meningkatkan tekad dan semangat untuk lebih memberi makna pada masyarakat akan pentingnya kesehatan, semangat melayani, semangat menggerakkan, semangat memandirikan dan semangat memberdayakan,” jelas Algafry.

Ia juga mengapresiasi antusiasme masyarakat Desa Cambai dan Cambai Selatan terhadap progres SPAM. Hal ini terlihat dari bertambahnya Kepala Keluarga yang kembali meminta untuk disambungkan air dari SPAM.

Menyambung penjelasan Bupati Bateng, Rahmat Wibowo, S.T., selaku Plt. Kepala DPUTRP   Kabupaten Bateng menyampaikan ada 10 Desa di Bangka Tengah yang mendapatkan program Pamsimas.

"Kegiatan Pamsimas ini memang dimulai dari 2014-2021. Ada 5 Desa Reguler (baru) yang mendapat program Pamsimas dan Desa 5 Desa HID (Hibah Insentif Desa). Ini merupakan kerja sama juga dengan Kementerian PU dari Balai yang ada di Bangka Belitung," ungkapnya.

Rahmat juga menjelaskan mengapa memilih Desa Cambai dan Cambai Selatan sebagai Pilot Project di Bangka Tengah ini.

"Kami mengambil Desa Cambai dan Cambai Selatan ini karena di Cambai ini kami nilai yang paling berhasil, dibukanya Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS). Awalnya hanya ada 50 Sambungan Rumah (SR), sekarang dengan Swadaya mereka sendiri menjadi 254 Sambungan Rumah, untuk Desa Cambai Induk itu sekarang Sambungan Rumahnya ada 800 rumah,” ujar Rahmat.

Menurutnya masyarakat Desa Cambai dan Cambai Selatan juga punya dana swadaya dan sudah bisa mengelola anggarannya sendiri.

"Kedepan kami berharap juga tetap ada campur tangan dari Balai untuk semakin berkembangnya Pamsimas di Bangka Tengah," sambungnya.

Dikutip dari Juknis HIB, Program Pamsimas merupakan salah satu program bersama antara pemerintah pusat dan daerah dan masyarakat dengan dukungan Bank Dunia yang bertujuan untuk meningkatkan penyediaan air minum, sanitasi, dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat terutama dalam menurunkan angka penyakit diare dan penyakit lain yang ditularkan melalui air dan lingkungan.

Untuk mencapai tujuan dimaksud Program Pamsimas mempunyai 5 komponen kegiatan, yang salah satunya adalah komponen Hibah Insentif Kabupaten/Kota (HIK) dan Hibah Insentif Desa/Kelurahan (HID).

Tujuan pemberian HID adalah untuk memberikan insentif atau penghargaan kepada sejumlah desa sasaran Pamsimas dan juga meningkatkan, memperluas cakupan layanan air minum dan sanitasi desa. Dalam konteks keberlanjutan, HID mendorong desa-desa untuk selalu meningkatkan kinerja layanan air minum dan sanitasinya.

Turut hadir dalam kegiatan ini KA Satker Prasarana Pemukiman Babel, Kepala Satuan kerja Air minum BPPW Provinsi Bangka Belitung, Camat Namang, Kepala Desa Cambai dan Cambai Selatan, KKM/KPSPAM, Asosiasi KPSPAM, dan Konsultan Pamsimas III.* (RDO-WEE/WEE/Foto:RDO)

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah