Home Berita Terkini Algafry Peduli Kesejahteraan Nelayan, Fasilitasi Bantuan Pendanaan Nelayan

Algafry Peduli Kesejahteraan Nelayan, Fasilitasi Bantuan Pendanaan Nelayan

143
0
SHARE
Algafry Peduli Kesejahteraan Nelayan, Fasilitasi Bantuan Pendanaan Nelayan

Pangkalan Baru – Algafry Rahman, S.T., selaku Bupati Bangka Tengah membuka kegiatan Sosialisasi dan Fasilitasi Bantuan Pendanaan bagi Nelayan Melalui Dana KUR Tahun 2021 dalam upaya mewujudkan kemandirian usaha dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat nelayan Bangka Tengah yang diselenggarakan di Soll Marina Hotel, Jumat (22/10/2021).

Membuka sosialisasi yang dihadiri oleh perwakilan nelayan se-Bangka Tengah serta para penyuluh perikanan ini, Algafry mengungkapkan bahwa peran nelayan merupakan salah satu bagian penting dalam pembangunan sektor kelautan dan perikanan. Terlebih di saat pandemi Covid-19, sektor perikanan adalah salah satu sector yang diandalkan untuk mendukung penguatan ekonomi masyarakat.

“Terkait hal ini, Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah berupaya mendorong nelayan untuk mempertahankan dan meningkatkan produktivitas hasil perikanan disertai dengan terjalinnya kemitraan usaha nelayan kecil yang merupakan salah satu bentuk dari ekonomi kerakyatan,” paparnya.

Menurutnya, selain fasilitasi bantuan pendanaan dalam meningkatkan kesejahteraan nelayan, Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah melalui Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Tengah juga melakukan penguatan terhadap peran kelembagaan nelayan, fasilitas kemitraan usaha untuk memasarkan hasil tangkapan serta pemberian asuransi nelayan gratis.

“Sektor perikanan tangkap memiliki banyak potensi yang bisa dikelola melalui jalinan kemitraan usaha. Jadi, diharapkan para nelayan dapat mengambil peluang ini dalam upaya pengembangan usaha perikanan tangkap yang dimiliki,” ucap Algafry.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Tengah, Taufik, S.P.,M.M, mengatakan Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah melalui Dinas Perikanan bertujuan menjembatani nelayan dengan perbankan dalam hal ini Bank Sumsel Babel mengenai pemanfaatan dana KUR yang ada.

“Kemajuan nelayan Bangka Tengah merupakan hal yang penting sehingga melalui sosialisasi dan fasilitasi ini diharapkan dapat menjadi jembatan bagi para nelayan agar bisa memanfaatkan peluang untuk lebih mengembangkan usaha perikanannya,” ucap Taufik.

Di tempat yang sama, Abdul Asis, Wakil Pimpinan Bank Sumsel Babel Cabang Koba, mengapresiasi atas kesempatan yang telah diberikan Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah serta menyambut baik kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan.

“Kami tentunya berterima kasih dan menyambut baik hal ini. Bank Sumsel Babel sebagai mitra untuk membangun sudah mendapatkan kepercayaan dari Pemerintah Pusat untuk menyalurkan KUR yang selanjutkan akan menyentuh teman-teman nelayan ini,” ungkapnya.

Asis menambahkan, sesuai dengan harapan Bupati Bangka Tengah, Bank Sumsel Babel akan memastikan bahwa fasilitas bantuan pendanaan ini akan tepat sasaran serta tidak disalahgunakan sehingga membangkitkan minat serta semangat para nelayan untuk mengembangkan usahanya.* (PYJ/WEE/Foto:PYJ)

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah