Home Berita Terkini Algafry: Pertanian Keluarga, Upaya Tingkatkan Pendapatan dan Sejahterakan Petani

Algafry: Pertanian Keluarga, Upaya Tingkatkan Pendapatan dan Sejahterakan Petani

251
0
SHARE
Algafry: Pertanian Keluarga, Upaya Tingkatkan Pendapatan dan Sejahterakan Petani

Sungaiselan – Giat pertanian keluarga (Family Farming) Petani Generasi Milenial Kelompok Tani (Poktan) Pemuda Pancer Keretak Atas melaksanakan tanam tomat dan panen cabai merah bersama Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman, S.T., bertempat di perkebunan Kelompok Tani Pemuda Pancer Desa Keretak Atas Kecamatan Sungaiselan, Rabu (06/10/2021).

Algafry Rahman, S.T., menanam langsung tanaman tomat serta memanen cabai merah bersama Pemuda Pancer Desa Keretak Atas berharap giat family farming ini dapat meningkatkan pendapatan dan lebih menyejahterakan para petani di Kabupaten Bangka Tengah.

“Keberhasilan kegiatan ini tidak terlepas dari peran tim teknis Kabupaten Bangka Tengah dan Tim Pembina Provinsi Bangka Belitung sebagai penanggung jawab kegiatan, diharapkan mendapat dukungan dari lintas sektoral serta dapat berkontribusi dalam keberhasilan dan pencapaian tujuan,” ujarnya.

Ia juga meminta kerja sama Balai Pengkajian Teknologi Pertanian untuk dapat mendampingi kegiatan pertanian keluarga di Kabupaten Bangka Tengah.

Perihal terlaksananya kegiatan pertanian keluarga ini, Edi Romdhoni, SP.,MM., mengatakan  panen cabai dan tanam perdana tanaman tomat yang dilakukan Kelompok Tani Pemuda Pancer merupakan salah satu Poktan yang mendapat bantuan dana dari Kementerian Pertanian melalui Badan Ketahanan Pangan dan APBN.

“Kegiatan family farming atau pertanian keluarga ini diharapkan akan memenuhi aspek ketersediaan pangan sehingga para petani yang mendapat bantuan mampu menyediakan komoditi pertanian yang unggul,” ujarnya Edi serta menjelaskan bahwa kegiatan ini bukan bansos murni.

Menurutnya, kegiatan ini tetap harus produktif, artinya terus berkelanjutan. Kelompok yang sudah menerima bantuan ini akan terus dievaluasi agar bisa dilanjutkan kembali. Setelah panen mereka akan melanjutkan penanam ulang dengan komoditi yang berbeda.

Tujuan pertanian keluarga secara umum adalah untuk meningkatkan ketersediaan, keterjangkauan dan pemanfaatan pangan keluarga petani yang sesuai dengan kebutuhan gizi seimbang; mengentaskan wilayah rentan rawan pangan; menguatkan wilayah tahan pangan; meningkatkan pendapatan keluarga petani.

"Alhamdulillah hari ini kita melakukan tanam perdana tanaman tomat dan juga panen cabai bersama Bupati Bangka Tengah. Jenis komoditi yang di tanam Kelompok Tani Pemuda Pancer ada 5 jenis komoditi yaitu cabai merah keriting, cabai merah rawit, tomat, oyong, dan terong. Tanaman yang dipanen hari ini cabai merah keriting," ungkap Zubari selaku Ketua Kelompok Tani Pemuda Pancer Desa Keretak Atas.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Kepulauan Bangka Belitung, Kepala Dinas Pangan Bangka Tengah, Camat Sungai Selan, Camat Simpangkatis, Kepala Desa Keretak Atas, Kepala Desa Keretak, Kepala Desa Pasir Garam, Perwakilan Bank Sumsel Babel dan para Petani Desa Keretak Atas.* (AGG/WEE/Foto: RDO)

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah