Home Berita Terkini Algafry Rahman Resmikan PSC 119 dan Inovasi LA SIAP, Ikak Tugak Kami Pereh!

Algafry Rahman Resmikan PSC 119 dan Inovasi LA SIAP, Ikak Tugak Kami Pereh!

192
0
SHARE
Algafry Rahman Resmikan PSC 119 dan Inovasi LA SIAP, Ikak Tugak Kami Pereh!

Koba – Halaman Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Tengah, Kecamatan Koba, Jum’at (01/10/2021), menjadi lokasi peresmian Pelayanan Public Safety Center (PSC) 119 Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bangka Tengah dan Inovasi LA SIAP (Layanan Ambulan Siaga Antar Pasien) oleh Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, S.T., serta Kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) Kabupaten Bangka Tengah.

Secara simbolis Algafry meresmikan PSC 119 dan LA SIAP dengan pemotongan pita. Dalam sambutannya Ia mengatakan bahwa PSC dan LA SIAP ini sebagai upaya dalam mewujudkan Pelayanan Kesehatan Terbaik bagi Masyarakat.

“Mendapatkan pelayanan kesehatan terbaik merupakan hak dasar seluruh masyarakat Indonesia, karena itu hadirlah PSC 119 dan Inovasi LA SIAP sebagai bentuk pelayanan kesehatan kepada masyarakat dalam kegawat-daruratan medis (Pra Hospital) secara cepat, tepat dan akurat,” jelas Algafry.

Selain itu, Orang Nomor Satu di Bangka Tengah ini juga berharap GERMAS dapat hadir di setiap desa guna mengkampanyekan gerakan hidup sehat untuk masyarakat demi mewujudkan Indonesia Sehat, Produktif dan Berdaya Saing.

“Kita tingkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan masyarakat hidup sehat guna mewujudkan tingkat kesehatan yang baik melalui pembudayaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat,” tutup Algafry.

Hal senada diungkapkan oleh Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan dan Rujukan, Fera Hasnita, S.K.M., M.K.M, ketika ditemui mengatakan tujuan dari adanya PSC 119 dan Inovasi LA SIAP ini sebagai upaya untuk mengurangi angka kematian.

“Contohnya, jika terjadi kecelakaan, di dalam ambulans LA SIAP ini kita dapat langsung melakukan penanganan pra-rujukan sebelum sampai di rumah sakit. Vital Sign juga bisa kita check dan misalkan terjadi serangan jantung sudah tersedia alat pacu jantung,” ungkap Fera.

PSC 119 Dinkes Kabupaten Bangka Tengah dan LA SIAP dengan slogan “Ikak Tugak Kami Pereh” dapat dihubungi melalui telepon ke 119 atau telepon/WA 082373968119. Untuk saat ini tim PSC 119 Bangka Tengah terdiri atas 5 Orang Tim Medis yakni dari Dokter Umum, Perawat, Bidan serta Tim Non-Medis yaitu Sopir Ambulance.

Hadir juga dalam peresmian ini, Perwakilan Kapolres Kabupaten Bangka Tengah, Kepala OPD se-Kabupaten Bangka Tengah, Perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Perwakilan PT. Telkom Witel Bangka Belitung, serta tamu undangan lainnya.* (PYJ/WEE/Foto: PYJ)

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah