Home Berita Terkini Algafry-Erfian Gowes bersama Gubernur Babel ke Danau Pading dalam Giat Puncak GNPDAS

Algafry-Erfian Gowes bersama Gubernur Babel ke Danau Pading dalam Giat Puncak GNPDAS

170
0
SHARE
Algafry-Erfian Gowes bersama Gubernur Babel ke Danau Pading dalam Giat Puncak GNPDAS

Bangka Tengah – Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, S.T. bersama wakilnya, Herry Erfian, S.T. dan komunitas sepeda Bangka Tengah, sambut hangat kedatangan orang nomor satu di Bangka Belitung, Dr. H. Erzaldi Rosman Djohan, S.E., M.M. dengan gowes bersama menuju lokasi acara Peringatan Puncak Hari Gerakan Nasional Pemulihan Daerah Aliran Sungai (GNPDAS) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, di Danau Pading Desa Perlang. Start gowes dimulai dari halaman Kantor Bupati Bangka Tengah, Selasa (30/11/2021).

Dalam sambutannya, Algafry Rahman menyampaikan syukur dan apresiasi karena pelaksanaan peringatan puncak GNPDAS tingkat provinsi ini diadakan di Bangka Tengah. GNPDAS sendiri adalah sebuah gerakan yang diinisiasi oleh Kementerian LHK dan masyarakat untuk meningkatkan kesadaran dalam memulihkan kualitas hutan dan lahan untuk penyelamatan sumber air, produktivitas lahan, perubahan iklim dan pencegahan bencana hidrometeorologi.

“Bukit Pading yang merupakan bekas tambang timah PT. Kobatin saat ini dijadikan salah satu tempat destinasi wisata yang ada di Bangka tengah. Hal ini diprakarsai oleh para pemuda Desa Perlang dengan dukungan pihak Desa Perlang sekaligus Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah. Terkait hal ini, Gubernur Bangka Belitung juga memberikan apresiasi kepada pemuda yang kreatif mengelola bekas tambang menjadi tempat wisata seperti sekarang ini," ungkap Algafry.

Di kesempatan itu, Algafry atas nama Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran pemerintahan daerah, para pelaku usaha, penggiat lingkungan hidup serta seluruh lapisan masyarakat atas komitmennya yang baik dalam upaya peningkatan kualitas lingkungan hidup.

“Terima kasih juga kami ucapkan kepada semua pihak atas terselenggaranya kegiatan ini. Semoga kegiatan hari ini bermanfaat buat kita semua," ujarnya.

Menikmati keindahan Danau Pading ini, Gubernur Bangka Belitung antusias dan percaya destinasi baru ini akan digemari wisatawan.

"Saya yakin kalau tempat ini dikelola dengan baik oleh masyarakat, maka daerah ini akan berkembang sebagai daerah wisata, danau ini sangat luar biasa," kata Erzaldi.

Giat puncak GNPDAS ini juga menggelar aksi penanaman pohon secara serentak di area sekitar Danau Pading sebagai wujud pelestarian lingkungan dan sumber air.

Turut hadir dalam kegiatan ini Forkopimda Kabupaten Bangka Tengah, Forkopimda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Baturusa Cerucuk, tokoh masyarakat, penggiat lingkungan hidup serta para tamu undangan lainnya.

Menutup wawancara, Algafry menyebutkan pihaknya bersama Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Bangka Tengah sedang mempersiapkan sebuah dongeng tentang Danau Linau yang berada di atas perbukitan Pading. Dongeng ini selain meningkatkan minat masyarakat berkunjung, disebutnya akan memperkaya cerita rakyat lokal Bangka Tengah.

"Konon katanya, Danau Linau memiliki ikan legenda Pari Putih, apabila seseorang yang masih lajang melihatnya, pertanda ia akan segera bertemu jodohnya,” pungkasnya. * (AGG-RDO-APJ/APJ/Foto:RDO)

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah