Home Berita Terkini Algafry-Erfian Hadiri Peringatan Hari Konservasi Nasional, Harapkan Antar Instansi Saling Sinergi

Algafry-Erfian Hadiri Peringatan Hari Konservasi Nasional, Harapkan Antar Instansi Saling Sinergi

223
0
SHARE
Algafry-Erfian Hadiri Peringatan Hari Konservasi Nasional, Harapkan Antar Instansi Saling Sinergi

Pangkalan Baru - Bertempat di pesisir Pantai Desa Kebintik Kecamatan Pangkalan Baru, Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, S.T. bersama Wakil Bupati Herry Erfian, S.T. menghadiri Peringatan Hari Konservasi Nasional sekaligus menyemarakkan HUT ke-76 RI, yang digelar oleh Yayasan Pan Semujur Lestari Botanical Group bersama Pertamina Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Depati Amir, Kamis (26/08/2021).

Dalam sambutannya, Algafry menyambut baik kegiatan yang mengusung agenda Aksi Iklim untuk membantu menurunkan efek rumah kaca serta perubahan iklim 2021. Ia berharap agar antar instansi saling bersinergi dalam membangun dan memperhatikan lingkungan, khususnya wilayah Bangka Tengah. Didampingi Wakil Bupati Bangka Tengah, Algafry menyampaikan bahwa apa yang telah dilakukan seperti hari ini perlu dijaga bersama oleh seluruh elemen masyarakat, jangan hanya tanam lalu ditinggalkan, perawatan dan pemantauan berkala secara bersama perlu dilakukan. Beliau mengucapkan terima kasih kepada pihak penyelenggara dan Pertamina DPPU Depati Amir sebagai penyandang dana.

"Hari ini ada Aksi Iklim, atas nama Pemkab Bangka Tengah, Saya mengucapkan terima kasih khususnya kepada Pertamina karena telah men-support kegiatan ini, juga dari Yayasan Pan Semujur Lestari Botanical Group yang telah memprakarsai kegiatan ini," kata Algafry.

Lebih lanjut Algafry menyebut kegiatan seperti ini harus didukung, saling bersinergi dan saling membantu untuk membangun wilayah Kabupaten Bangka Tengah yang lebih baik.

Sementara itu, Operation Head DPPU Pertamina Depati Amir Pangkalpinang, Nurul A. mengatakan, Pertamina mempunyai program CSR penanaman bakau lima tahun ke depan untuk mendukung konservasi lingkungan.

"Tahun pertama di daerah Batu Belubang dengan 5.000 bibit, hari ini kita akan menanam 3.000 bibit di pantai Desa Kebintik. Semoga program ini sejalan dengan pemerintah dalam meningkatkan indeks kualitas lingkungan," jelasnya.

Acara dilanjutkan dengan penanaman bakau dan pemberian bantuan secara simbolis yang dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Bangka Tengah, Herry Erfian. Bantuan yang diberikan pada acara tersebut adalah bibit mangrove, penyerahan alat penunjang lapangan kepada Korem 045/Gaya berupa jas hujan sebanyak 20 buah, alat penunjang lapangan kepada Ditpolairud Polda Babel berupa jas hujan sebanyak 30 buah, bibit buah produktif kepada DLHK Provinsi Babel sebanyak 50 buah selaku mitra, Go Pro 5 kepada DLH Bateng selaku mitra, 2 unit tenda wisata kepada Pokdarwis Tapak Antu Desa Batu Belubang dan 5 unit tong sampah kepada Desa Kebintik.

Terpisah, Dudi selaku Ketua Panitia mengatakan, acara ini merupakan kerja sama antara Yayasan Pan Semujur Lestari Botanical Group dengan Pertamina DPPU Depati Amir.

"Acara hari ini pemberian bantuan, dilanjutkan penanaman bakau untuk membentuk ekosistem mangrove. Kalau ekosistem mangrove ini tercapai, banyak fungsinya, diantaranya menjaga garis pantai," ungkap Dudi.

Hadir dalam acara, Perwakilan Pertamina DPPU Depati Amir, Perwakilan DLHK Provinsi, DLH Kabupaten Bangka Tengah, Korem 045/Gaya, Ditpolairud Polda Babel, Kades Batu Belubang, perwakilan Desa Kebintik, BPDASHL Baturusa Cerucuk, serta Pokdarwis setempat. *(NZR/APJ/Foto:NZR)

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah