Home Berita Terkini Algafry-Eva Dukung Program Gemarikan untuk Tingkatkan Imunitas dan Cegah Stunting

Algafry-Eva Dukung Program Gemarikan untuk Tingkatkan Imunitas dan Cegah Stunting

878
0
SHARE
Algafry-Eva Dukung Program Gemarikan untuk Tingkatkan Imunitas dan Cegah Stunting

Koba – Dalam rangka meningkatkan imunitas, lawan Covid-19 dan mencegah stunting di Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Bupati Bateng, Algafry Rahman bersama Ketua TP-PKK Bateng, Eva Algafry hadir pada kegiatan Bazar Ikan Segar dan Produk Olahan Ikan yang diselenggarakan Dinas Perikanan Bateng di halaman kantornya, Jumat (11/03/2022).

Bazar ini juga merupakan bentuk dukungan dan sosialisasi terhadap program Gemarikan atau Gemar Memasyarakatkan Makan Ikan kepada masyarakat Kabupaten Bateng baik para orang tua hingga ke anak-anak.

Pada kesempatan ini Pemerintah Kabupaten Bateng bersama TP-PKK Bateng juga mengajak anak-anak PAUD Cikal Bangsa untuk gemar konsumsi ikan dengan cara membagikan PMT (Pemberian Makanan Tambahan) berupa nugget ikan kepada anak-anak.

“Berbagai macam pola kita galakkan untuk mengajak masyarakat menggemari ikan, termasuk melalui ragam bentuk olahan, seperti nugget, otak-otak, frozen food, dan produk olahan lainnya, dengan tetap menggunakan bahan utamanya yakni ikan,” ucap Algafry Rahman.

“Jadi di sini selain untuk memasarkan produk UMKM, kita memberikan pemahaman kepada masyarakat betapa baiknya mengkonsumsi ikan dan sosialisasi kesehatan khususnya stunting,” sambungnya.

Bupati juga mengungkapkan selain mengajak masyarakat untuk konsumsi ikan, Pemerintah Kabupaten Bateng juga selalu memberikan bimbingan dan masukan kepada para nelayan terkait bagaimana mendapatkan tangkapan yang optimal serta mendukung program Gemarikan ini, salah satunya melalui SIDOLPIN (Sistem Informasi Daerah Potensial Penangkapan Ikan).

Sementara itu, Eva Algafry, mendukung dan berharap kegiatan bazar ikan segar dan produk olahan ikan ini dapat terus diadakan di Bangka Tengah. Menurutnya, bazar ini juga dapat dijadikan sebagai tempat untuk menyosialisasikan betapa pentingnya manfaat dari hasil perikanan serta banyaknya ragam olahan yang bisa dibuat.

“Hasil-hasil perikanan ini tentu bisa dibuat menjadi menu PMT yang bervariasi dan berkualitas. Terlebih kandungan-kandungan dalam ikan yang kaya akan kandungan protein serta vitamin yang bisa meningkatkan kesehatan dan kecerdasan serta mendukung proses tumbuh kembang anak,” jelas Eva antusias.

Kepala Dinas Perikanan, Taufik, menjelaskan maksud dan tujuan dari bazar ini sendiri juga agar memasarkan, mengenalkan dan membiasakan anak dari usia dini hingga orangtua untuk lebih terbiasa mengkonsumsi ikan karena menurutnya dengan hal itu imun akan semakin kuat dan tubuh juga terjaga.

"Ada banyak jajanan hasil perikanan yang fresh mulai dari ikan hingga udang. Dan Alhamdulillah, minat masyarakat sangat tinggi akan bazar serta hasil perikanan tangkapan para nelayan kita ini," Katanya.

Bazar ikan segar dan produk olahan ikan ini dihadiri juga oleh Wakil Bupati Bateng, Sekretaris Daerah Bateng, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Pejabat Penghubung (Pabung) Kodim 0413 Bangka, Kepala Dinas Perikanan Bateng, Para Kepala OPD Bateng, para pedagang dan pelaku UMKM serta masyarakat Bateng. *Sumber : Diskominfosta Bangka Tengah

Penulis: Prayogi J

Editor: Asti Pradiajayanti

Fotografer: Prayogi J