Home Daerah ALINEA Gelar Baksos di Bangka Tengah, Lengkap Penyuluhan dan Assesment

ALINEA Gelar Baksos di Bangka Tengah, Lengkap Penyuluhan dan Assesment

561
0
SHARE
ALINEA Gelar Baksos di Bangka Tengah, Lengkap Penyuluhan dan Assesment

KOBA - Berangkat dari kesadaran bahwa setiap orang tua berkeinginan agar anaknya dapat tumbuh dengan optimal, ALINEA Tumbuh Kembang hadir sebagai lembaga yang menyediakan solusi untuk kebutuhan dan keresahan orang tua terhadap masalah gangguan tumbuh kembang anak. Lembaga ini menyatakan bukan hanya tempat terapi tetapi juga tempat bermain, belajar, dan berkembang.

Hadir di Bangka Tengah, ALINEA Tumbuh Kembang menggelar Bakti Sosial (Baksos Alinea ke-2) yang diisi dengan penyuluhan dan full assesment oleh psikolog dan terapis. Baksos ini dilaksanakan di pendopo Rumah Dinas Bupati Bangka Tengah, Senin (12/06/2023).

Eva Algafry selaku Bunda PAUD Kabupaten Bangka Tengah dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini dilakukan salah satunya untuk membantu para orang tua yang sering kebingungan tentang bagaimana menangani perilaku anak, terutama untuk anak istimewa yang berkebutuhan khusus (ABK).

“Berkaitan dengan tumbuh kembang anak, melalui kehadiran ALINEA hari ini kami berharap bisa membantu, atau paling tidak, mengobati kecemasan orang tua. Kami hanya bisa membantu untuk memfasilitasi saja, untuk selanjutnya pihak orang tua bisa berkoordinasi langsung dengan tim ALINEA,” ujar Eva.

Selaku Bunda Posyandu yang memperhatikan tumbuh kembang anak Bangka Tengah, Eva juga mengatakan bahwa kegiatan ini tidak bisa dilakukan satu kali, dan harus ada langkah-langkah selanjutnya yang dilakukan.

“Silakan berkonsultasi dengan psikolognya, dan saya berharap ini bisa bermanfaat untuk semua orang tua yang hadir disini," imbuhnya.

Sementara itu Ninda Fitria selaku pendiri ALINEA menyebutkan bahwa tujuan dari baksos hari ini adalah untuk mengetahui kondisi di Bangka Tengah, apakah terdapat masalah tumbuh kembang, dan apakah jumlahnya banyak atau tidak. Ninda juga mengaku ingin lebih tahu sebaran masalah tumbuh kembang anak ini paling banyak di daerah yang lebih besar seperti Kota Pangkalpinang atau lebih ke kabupaten seperti di desa-desa.

“Kami ingin tahu masalah gangguan tumbuh kembang anak, dan level beratnya itu seperti apa. Kasus yang banyak seperti apa, apakah hanya keterlambatan kemampuan anak dalam menyampaikan sesuatu atau berbicara (speech delay) atau gangguan tumbuh kembang lainnya,” kata Ninda.

Ninda juga berharap dengan adanya baksos ini pihaknya bisa mengedukasi orangtua bahwa masalah tumbuh kembang anak itu nyata adanya. Terlebih sekarang banyak orang tua lebih suka yang instan seperti memberikan gadget ketika anak menangis. Orang tua pun tidak tahu bahwa ketika anak sering diberikan gadget/screen time akan berefek buruk ke tumbuh kembang anak.

Tim ALINEA dalam baksos kali ini menyediakan beberapa program seperti terapi wicara, terapi okupasi, sensori integrasi, play therapy dan terapi perilaku, dengan menggandeng psikolog Desta Israwanda, M.Psi.

Di lembaga ALINEA sendiri menyediakan layanan tumbuh kembang dan stimulasi sensomotorik yang terintegrasi, juga berkolaborasi dengan psikolog, dokter gizi, juga beberapa ahli lain untuk membantu orang tua, dengan mengedepankan kualitas layanan dan SDM.

Turut hadir dalam acara ini Bunda PAUD Kecamatan se-Bangka Tengah, perwakilan Dinas Kesehatan, perwakilan Dinas Pendidikan, Ketua Bhayangkari Kabupaten Bangka Tengah, Ketua Persit Kartika Candra Kirana, Ketua Dharmayukti Karini, Ketua Adhyaksa Dharmakarini, Ketua Jalasenastri, HIMPAUDI, IGTKI, IGRA, seluruh Anggota Pokja Bunda PAUD, beserta orang tua dan anak yang berminat konsultasi.* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

 

Penulis: Qori Ulfi A. / Asti P.

Editor: Asti P.

Fotografer: Oniek R.