Home Berita Instansi dan Kementerian ANBK 2022 Serentak, Berikut Tinjauan Sekda Bateng di SMPN 1 Koba

ANBK 2022 Serentak, Berikut Tinjauan Sekda Bateng di SMPN 1 Koba

1,730
0
SHARE
ANBK 2022 Serentak, Berikut Tinjauan Sekda Bateng di SMPN 1 Koba

KOBA - Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Tengah, Sugianto, mengunjungi pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Tahun 2022 yang digelar di ruang Laboratorium Komputer SMPN 1 KOBA, Senin (19/09/2022).

ANBK sendiri adalah sebuah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah.

Asesmen Nasional ini tidak berarti langsung menggantikan peran Ujian Nasional (UN) dalam mengevaluasi prestasi atau hasil belajar murid secara individual. Melainkan menggantikan peran UN sebagai sumber informasi untuk memetakan dan mengevaluasi mutu sistem pendidikan.

Sekda Bangka Tengah, Sugianto dalam kunjungannya mengatakan bahwa hari ini seluruh SMP melaksanakan ANBK dengan tujuan memetakan mutu sekolah. Dengan mutu yang sudah terpetakan nantinya bisa memberikan perlakuan pada komponen-komponen yang kurang, baik dari input, output, proses, sampai pada kemampuan-kemampuan guru dan lingkungan sekolah.

"Dengan adanya pemetaan-pemetaan yang tepat bisa memberikan perlakuan yang menjurus, misalnya yang kurang sarana pendukung belajarnya, atau ternyata yang kurang proses pembelajaran, dan di situ semua akan kelihatan," terang Sugianto.

Sugianto menambahkan, ANBK ini diperlukan untuk menilai efektivitas pembelajaran dan ketercapaian kurikulum pada satuan pendidikan.

Sementara itu Kepala Sekolah SMPN 1 Koba, Hana Meilani, mengatakan bahwa mutu satuan pendidikan nantinya dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar yakni kemampuan literasi, numerasi, dan karakter, serta kualitas proses belajar mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran.

Hana menerangkan bahwa anak-anak yang mengikuti ANBK kali ini dipilih secara acak sebanyak 45 siswa dengan cadangan 5 siswa yang mewakili Kelas VIII di SMPN 1 Koba. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari.

"Dari 45 anak dan 5 cadangan tersebut diacak oleh sistem. Jadi bukan dari pihak sekolah yang menentukan. Cadangan 5 anak ini akan menggantikan apabila dari 45 anak tersebut ada yang berhalangan," jelas Hana.

Asesmen Nasional sendiri terdiri dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter (SK), dan Survei Lingkungan Belajar.

Penulis: Ristin

Editor: Asti P

Fotografer: Karina Ningsih