Home Berita Instansi dan Kementerian Apel Gabungan Persiapan Pilkades Serentak 2022, Algafry: Ayo Sukseskan Bersama

Apel Gabungan Persiapan Pilkades Serentak 2022, Algafry: Ayo Sukseskan Bersama

861
0
SHARE
Apel Gabungan Persiapan Pilkades Serentak 2022, Algafry: Ayo Sukseskan Bersama

KOBA - Bupati Bangka Tengah pimpin Apel Gelar Pasukan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Tahun 2022 yang digelar di halaman kantor Bupati Bangka Tengah, Senin (20/06/2022) pagi. Sesuai jadwal, pelaksanaan Pilkades akan digelar serantak di 29 desa yang ada di Kabupaten Bangka Tengah, 22 Juni mendatang.

"Pemilihan yang digelar 6 tahun sekali ini merupakan salah satu pilar utama terselenggaranya pemerintahan desa yang demokratis. Untuk itu, pelaksanaan apel gelar pasukan ini sebagai wujud persiapan keamanan Pilkades yang akan digelar serentak tanggal 22 Juni mendatang. Maka, sesuai dengan cita-cita kita bersama, mari wujudkan kondisi aman dan kondusif," ucap Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, mengawali sambutannya.

Lebih lanjut, Algafry menyebut bahwa Pilkades Serentak Tahun 2022 di Bangka Tengah harus memrioritaskan pengamanan dan mengharapkan semua pihak yang ikut terlibat senantiasa memberikan pemahaman yang benar serta netral. Ia juga mengajak untuk tidak hanya fokus pada pencegahan hal-hal yang mengarah konflik dan sengketa Pilkades semata, namun tak luput juga penerapan protokol kesehatannya.

"Peran pemerintah daerah dalam hal ini adalah berupaya memberikan dukungan terhadap Pilkades yakni monitoring, koordinasi, serta pelaporan yang berkaitan dengan antisipasi dan fasilitasi penyelesaian proses penyelenggaran Pilkades tahun 2022,” ujar Algafry di hadapan pasukan pengamanan Pilkades yang mengikuti apel.

Ia juga menambahkan, suksesnya pelaksanaan Pilkades tentu perlu dukungan dari aparat keamanan dan ketertiban, seperti personel TNI-Polri dan Satpol PP serta stakeholder terkait lainnya. Untuk itu, telah menjadi tanggung jawab bersama untuk meningkatkan intensitas komunikasi dan koordinasi sehingga pelaksanaan Pilkades berlangsung objektif, transparan dan akuntabel sesuai dengan yang diharapkan bersama.

"Sejatinya kita berharap Pilkades harus aman dan berpedoman pada kepastian hukum, tertib, terbuka, akuntabel, efisien, dan efektif," kata Algafry.

Algafry menekankan, masyarakat memiliki peran penting dalam menentukan arah kebijakan pemerintah desa. Karenanya, Pilkades ini merupakan momentum memperkuat partisipasi masyarakat dan konsolidasi demokrasi.

"Mari satukan tekad dan komitmen dalam kesuksesan Pilkades Kabupaten Bangka Tengah," tutup Algafry.

Terpisah, Kapolres Bangka Tengah, M. Risya Mustario mengatakan pihaknya akan mengerahkan sekitar 300 personil yang merupakan gabungan dari Polres Bateng, Polres Pangkalpinang, Kodim 0413/Bangka, Satpol PP, Linmas, perangkat kabupaten, perangkat kecamatan dan perangkat desa. Hari ini gabungan personil tersebut sudah memulai pengamanan dan pendistribuan logistik surat suara ke desa masing-masing.

"Setiap desa memiliki tingkat kerawanan yang sama karena karakteristik masyarakat di masing-masing desa berbeda. Rencananya di tiap desa akan diterjunkan 2 personil dari Polri, 1 personil dari Babinsa Koramil, 1 dari Satpoll PP dan 1 dari Linmas untuk mengamankan tiap tahapan, yakni mulai pendistribusian logistik, pungut hitung serta penghitungan suara hingga kembali lagi ke Kabupaten," jelas Risya.

Turut hadir pada apel ini Forkopimda Bangka Tengah, Sekretaris Daerah Bangka Tengah, para Asisten dan Staf Ahli Setdakab Bangka Tengah, juga Kepala OPD se-Kabupaten Bangka Tengah.

Pelaksanaan Pilkades Serentak ini merujuk pada Peraturan Bupati Bangka Tengah Nomor 99 Tahun 2021 tentang Perubahan Keempat Atas Peraturan Bupati Bangka Tengah Nomor 15 Tahun 2016 tentang Petunjuk Pelaksanaan tentang Pemilihan Kepala Desa Secara Serentak.  

Penulis: Karina Ningsih

Editor: Asti Pradiajayanti

Fotografer: Redoh Soniman