Home Daerah Arungi Lautan Demi Peringati Hari Sumpah Pemuda

Arungi Lautan Demi Peringati Hari Sumpah Pemuda

280
0
SHARE
Arungi Lautan Demi Peringati Hari Sumpah Pemuda

SUNGAISELAN - Waktu menunjukkan pukul 15.45 WIB saat tim DISKOMINFOSTA Bangka Tengah tiba di tepi Dermaga Desa Tanjung Pura, Kecamatan Sungaiselan, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kamis (27/10/2022).

Cuaca panas terik menyambut, setelah menempuh perjalanan selama sekitar 2 jam dari kota Koba.

Terlihat pemandangan gugusan pulau yang eksotik, seperti Pulau Nangka, Pulau Begadung, Pulau Lampu, dan Pulau Pelepas, BB berjejer memanjakan mata.

Perjalanan kali ini, menuju Pulau Nangka. Pulau yang dihuni oleh lebih dari seratus kepala keluarga ini terlihat berbeda dari sebelumnya.

Ramai riuh rendah panitia yang melakukan persiapan untuk berbagai rangkaian acara yang akan dilaksanakan esok hari pun mewarnai sore itu.

Ya, kali ini memang terlihat berbeda dan istimewa, Pemda Bangka Tengah melangsungkan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda di Dusun Pulau Nangka.

Hari Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober, tahun ini mengusung tema Bersatu Bangun Bangsa.

Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda yang dilanjutkan dengan Upacara Pembukaan Karang Pamitran Daerah tahun 2022 ini dipimpin langsung oleh Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman.

Tepat pukul 08.00 WIB, Jumat (28/10/2022), bertempat di halaman Sekolah Dasar Negeri 3 Sungaiselan ini Ia berpesan agar peringatan Hari Sumpah Pemuda dapat menjadi pengingat bagi kita semua agar dapat terus bersatu dan berada di garis terdepan dalam melawan ancaman-ancaman terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Tema peringatan Hari Sumpah Pemuda saat ini adalah Bersatu Bangun Bangsa. Tema ini memberikan pesan yang mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan, yang dapat menjadi kekuatan dalam membangun peradaban yang unggul!" seru Algafry.

Pemuda bukan hanya menjadi pelaku penting dalam membangun ketangguhan bangsa dalam mewujudkan visi besar Indonesia Emas 2045, tetapi juga menjadi tulang punggung untuk kejayaan bangsa sepanjang masa.

"Pemuda hari ini adalah tokoh-tokoh yang akan berperan pada masa yang akan datang. Apa yang dilakukan oleh pemuda di masa sekarang juga menjadi penentu dalam kemajuan bangsa Indonesia di masa yang akan datang. Saya, dan semua yang hadir di sini, Sekretaris Daerah, Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD, dan seluruh jajaran yang ada dalam Pemerintahan Kabupaten Bangka Tengah bersatu, bersama-sama menggaungkan semangat Sumpah Pemuda," ucap Algafry lantang.

Upacara ini diikuti juga oleh para peserta Karang Pamitran Daerah tahun 2022 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung serta KNPI Bangka Tengah. *Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

Penulis: Onie R Bana

Editor: Kumala Sari Dewi

Fotografer: Prayogi Januardi/Redoh Soniman/Onie R Bana