Home Berita Instansi dan Kementerian Asah Kompetensi Pelaku Wisata, Algafry: Tebarkan Pesona Bangka Tengah

Asah Kompetensi Pelaku Wisata, Algafry: Tebarkan Pesona Bangka Tengah

275
0
SHARE
Asah Kompetensi Pelaku Wisata, Algafry: Tebarkan Pesona Bangka Tengah

PANGKALAN BARU - Sebanyak 40 peserta yang berasal dari perwakilan/pengurus pengelola Desa Wisata di Bangka Tengah mengikuti Pelatihan Tata Kelola, Bisnis dan Pemasaran Destinasi Wisata Tahun 2023 di Hotel Grand Vella, Rabu (21/06/2023).

Pelatihan Tata Kelola, Bisnis dan Pemasaran Destinasi Wisata yang dibuka oleh Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman ini diprakarsai oleh Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Bangka Tengah yang berlangsung selama 3 hari mulai 21 - 23 Juni 2023.

Algafry mengatakan pariwisata memiliki peranan penting sebagai salah satu sumber penerimaan devisa. Menurutnya, pariwisata adalah salah satu sektor strategis yang harus dimanfaatkan untuk pembangunan nasional dan daerah.

"Pengembangan dan pengolahan yang tepat terkait pariwisata ini tujuan akhirnya memberikan manfaat serta meningkatkan pendapatan masyarakat sehingga kesejahteraan masyarakat dan ekonomi dapat terus bertumbuh," jelasnya.

Kabupaten Bangka Tengah, menurut Algafry memiliki potensi yang luar biasa untuk menjadi destinasi wisata. Misalnya saja Danau Pading yang masuk 50 Besar Desa Wisata Indonesia dan Desa Namang yang menjadi perwakilan Asean Village Network.

"Potensi yang kita miliki ini harus kita maksimalkan. Tentu saja diiringi dengan sumber daya manusia yang berkualitas dan terus meningkatkan kompetensi. Karenanya, melalui pelatihan ini kita harapkan bisa terus mengasah para SDM serta kepariwisataan Bangka Tengah," jelasnya lebih lanjut.

Orang Nomor Satu di Bangka Tengah ini pun mengajak para pengelola untuk terus semakin kreatif dalam meningkatkan tata kelola, bisnis dan pemasaran destinasi pariwisata, demi mewujudkan pariwisata yang berkelanjutan dan berdaya saing.

Ia berpesan jika ilmu itu mahal, maka pelajari dan terus asah kompetensi yang ada. Tak lupa, Algafry mengajak memanfaatkan pelatihan ini semaksimal mungkin yang sudah mendatangkan narasumber yang kompeten dibidang pariwisata.

"Terus semangat dan kita tunjukkan pariwisata Bangka Tengah bisa maju dan mendunia. Tunjukkan pesona Bangka Tengah!" seru Algafry.

Narasumber dalam pelatihan tata kelola, bisnis dan pemasaran destinasi pariwasata yakni Agus Wiyono, S.Pd., selaku CBET Trainer di Jaringan Ekowisata Indonesia dan Konsultan Pengembangan Ekowisata serta Agus Pahlevi, M.MPar., selaku Praktisi dan Pengajar Kepariwisataan.

Turut dihadiri oleh Kepala Disbudparpora Bangka Tengah, Sekretaris Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Bangka Tengah serta Kepala Bidang Pariwisata Disbudparpora Bangka Tengah.* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

Penulis: Prayogi J

Editor: Kumala Sari Dewi

Fotografer: Prayogi J