Home Berita Terkini ASIK GTK Diluncurkan, Ibnu Saleh : Inovasi Pembelajaran Jarak Jauh

ASIK GTK Diluncurkan, Ibnu Saleh : Inovasi Pembelajaran Jarak Jauh

160
0
SHARE
ASIK GTK Diluncurkan, Ibnu Saleh : Inovasi Pembelajaran Jarak Jauh

Koba - Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Tengah menggelar Peluncuran Aplikasi Kehadiran Guru dan Tenaga Kependidikan (ASIK GTK) di Aula SMP Negeri 1 Koba, Senin (13/07/2020). Aplikasi Kehadiran Guru dan Tenaga Kependidikan (ASIK GTK) dirancang sebagai wadah bagi guru untuk saling berbagi pengetahuan dan pengalaman. Kehadiran aplikasi ini diharapkan bisa mendukung proses pembelajaran jarak jauh.

Pencatatan kehadiran guru dilakukan secara online menggunakan Aplikasi Kehadiran Guru Dan Tenaga Kependidikan (ASIK GTK) mengingat adanya pandemi Covid-19 yang mengharuskan guru memberikan pelajaran jarak jauh atau secara daring karena siswa diharuskan belajar di rumah.

Dalam sambutannya, Bupati Bangka Tengah Dr. Ir. H. Ibnu Saleh, MM., mengatakan permasalahan yang muncul akibat dari penyebaran Covid – 19, Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Tengah terus melakukan inovasi dalam rangka mengatasi permasalahan belajar dari rumah.

“Pemerintah telah mengambil sikap tegas untuk tidak melaksanakan pembelajaran secara tatap muka atau kegiatan belajar mengatar secara normal. Langkah cepat dan besar tersebut harus didorong dengan inovasi - inovasi pembelajaran jarak jauh ,sehingga pelaksanaan belajar mengajar tetap dapat berjalan dari rumah,” ujar Ibnu.

Ibnu menambahkan bahwa pemerintah mengupayakan semua media pembelajaran yang tersedia untuk digunakan bersama- sama oleh seluruh guru dan siswa dalam pembelajaran dari rumah.

“Kita sudah menyiapkan aplikasi pengawasan sederhana melalui google untuk mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran dari rumah di Kabupaten Bangka Tengah selama pandemi ini. Tetap mematuhi protokol pencegahan penyebaran Covid - 19 secara ketat dan terawasi," tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pendidikan, Drs.Iskandar mengatakan dengan diluncurkan AKSI GTK ini, guru dan Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Tengah mengharapkan perencanaan pembelajaran anak - anak dirumah itu lebih baik lagi.

Kondisi belajar dari rumah yang sebelumnya mengharuskan para guru memberikan pelajaran dari rumah menjadi berbeda dengan diaktifkannya AKSI GTK ini. Para guru tidak lagi mengajar dari rumah melainkan mengajar langsung di sekolah dan sudah aktif, tetapi anak - anak masih tetap belajar dari rumah.

“Proses pembelajaran tetap dilaksanakan, persiapan pembelajaran oleh guru di sekolah dipantau dengan aplikasi (ASIK GTK-red) ini, sehingga nantinya guru - guru tetap berada di sekolah dan memantau anak - anak yang melakukan  pembelajaran di rumah. Dalam kesempatan yang sama Dinas Pendidikan juga bisa memantau gurunya," ujar Iskandar.

Turut hadir dalam kegiatan ini yakni Kepala Dinas Kesehatan dr. Bahrun Siregar Sutrisno, M.Kes, para Guru TK, SD, SMP, siswa-siswi SMP Negeri 1 Koba, beserta perwakilan OPD terkait.

 

Selain peluncuran Aplikasi Kehadiran Guru Dan Tenaga Kependidikan (ASIK GTK), juga diumumkan pemenang serta penyerahan penghargaan lomba Dindik Bateng Challenge, dan Seleksi Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Adapun kategori pemenangnya yaitu:

1. Lomba Puisi Kategori Pelajar

2. Lomba Puisi Kategori Guru Dan Tenaga Kependidikan

3. Lomba Puisi Kategori Umum

4. Lomba Quote Kategori Umum

5. Lomba Quote Kategori Guru Dan Tenaga Kependidikan

6. Lomba Video Kategori Pelajar

7. Lomba Video Kategori Guru Dan Tenaga Kependidikan

8. Lomba Senam Kategori Pelajar

9. Lomba Senam Kategori Guru Dan Tenaga Kependidikan

10. Lomba Caption Kategori Pelajar

11. Lomba Caption Kategori Guru Dan Tenaga Kependidikan

12. Lomba Caption Kategori Umum

13. Lomba Jurnal Kategori Pelajar

14. Lomba Jurnal Kategori Guru Dan Tenaga Kependidikan

15. Lomba Jurnal Kategori Umum* (UMM-QRY/WEE/Foto: UMM)

Sumber : Diskominfosta Bangka Tengah