Home Berita Terkini Ayo Makan Ikan, Cegah Stunting dan Lawan Covid-19 Ala GEMARIKAN

Ayo Makan Ikan, Cegah Stunting dan Lawan Covid-19 Ala GEMARIKAN

132
0
SHARE
Ayo Makan Ikan, Cegah Stunting dan Lawan Covid-19 Ala GEMARIKAN

Lubuk Besar - Safari Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) Tahun 2020 mengangkat tema “Ayo Makan Ikan, Cegah Stunting, Lawan Covid-19” digelar di Gedung Serba Guna Kecamatan Lubuk Besar, Selasa (22/09/2020).

Bupati Bangka Tengah, Dr. Ir. H. Ibnu Saleh, MM., secara simbolis membuka acara Gemarikan  menekankan bahwa sektor kelautan dan perikanan merupakan suatu potensi yang dapat dijadikan modal kehidupan.

“Potensi ini sangat strategis untuk mendukung upaya sektor perikanan dalam peningkatan konsumsi ikan yang bermutu. Ini merupakan aset yang kita miliki dalam memenuhi kebutuhan konsumsi ikan bagi masyarakat,” papar Ibnu.

Ia juga mengungkapkan kegiatan Gemari ini merupakan event tahunan nasional yang diharapkan bisa memacu peningkatan produksi perikanan dan konsumsi ikan, pengolahan ikan yang  baik dan benar, menarik dan berinovasi.

“Mari ubah pola pikir kita dalam mengatur pola makan yang sehat, karena ikan adalah sumber protein dan omega 3 yang bermanfaat untuk kesehatan dan mencegah stunting. Terlebih di tahun 2020 ini, kondisi pandemi Covid-19 masih mengkhawatirkan maka perlu menjaga kesehatan diri dan keluarga dengan makan makanan bergizi,” pesan Bupati Bateng.

Agenda tahunan yang dilaksanakan oleh Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Tengah kali ini dilaksanakan dalam bentuk sosialisasi dan pembagian paket produk olahan ikan yang berisikan nugget ikan, lele bumbu, ikan kaleng, abon ikan, kritcu dan stik udang.

Kampanye Gemarikan ini melibatkan peserta sebanyak 415 orang yang paketnya secara simbolis diberikan kepada 50 anak SD dan 25 anak PAUD. Keseluruhan paket ini kemudian didistribusikan ke sekolah-sekolah sebanyak 200 anak dan Puskesmas sebanyak 140 anak yang tersebar di Kecamatan Lubuk Besar.

Program Gemarikan ini bertujuan untuk memasyarakatkan makan ikan sehingga menaikkan tingkat konsumsi ikan khususnya di Kabupaten Bangka Tengah. Program ini diharapkan mampu mewujudkan generasi yang sehat dan cerdas untuk mewujudkan masyarakat sejahtera. Selain itu juga memperkenalkan keanekaragaman produk berbahan baku ikan kepada masyarakat luas serta meningkatkan pemahaman tentang pentingnya gizi ikan dan pembudidayaan makan ikan.

Pelaksanaan kegiatan kampanye Gemarikan ini bersumber dari pendanaan APBD Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Tengah Tahun Anggaran 2020 dan berfungsi sebagai ajang promosi kepada masyarakat bahwa ikan mengandung asam lemak tak jenuh dan omega-3 yang baik untuk meningkatkan kecerdasan, menjadikan tubuh sehat dan kuat terutama untuk anak-anak dalam masa perkembangan.* (WEE/APJ/Foto : Prokopim)

Sumber : Diskominfosta Bangka Tengah