Home Berita Instansi dan Kementerian Bahas Renja di Forum OPD, Dinas Perikanan Fokus Tingkatkan Ekonomi Makro di Bangka Tengah

Bahas Renja di Forum OPD, Dinas Perikanan Fokus Tingkatkan Ekonomi Makro di Bangka Tengah

397
1
SHARE
Bahas Renja di Forum OPD, Dinas Perikanan Fokus Tingkatkan Ekonomi Makro di Bangka Tengah

PANGKALANBARU – Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Tengah menggelar forum organisasi perangkat daerah sebagai langkah penyusunan rencana kerja (renja) Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Tengah tahun 2025, bertempat di Cana Garden & Resto, Kamis (29/02/2024) Kecamatan Pangkalanbaru.

Sebagai agenda rutin tahunan, acara ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Tengah, Sugianto, mewakili Bupati Bangka Tengah. Dihadiri juga oleh Biro Perencanaan Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Sekertaris Dinas Kelauatan dan Perikanan Provinsi Bangka Belitung, Kepala BPPMHKP Bangka Belitung, Kepala Pelabuhan Nusantara, para penyuluh perikanan, penggiat perikanan dan nelayan se-Kabupaten Bangka Tengah.

Sugianto dalam sambutannya mengatakan, rencana kerja sangat penting untuk seluruh OPD dalam meningkatkan ekonomi makro di Bangka Tengah.

"Dinas kelautan dan perikanan sangat berpengaruh langsung ke nelayan, kelompok budidaya ikan dan masyakat pastinya. Jadi rencana kerjanya harus bisa meningkatkan ekonomi makro di Bangka Tengah ini," tandasnya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Perikanan Bangka Tengah, Imam Soehadi menyebutkan, forum perangkat daerah dalam rangka menyusun rancangan rencana kerja tahun 2025 ini sangat penting bagi dinas perikanan dan masyarakat Bangka Tengah.

"Kalau rancangan rencana kerja tidak disusun dengan baik maka itu akan berdampak bagi masyarakat secara langsung karena kebijakan yang kurang baik. Apalagi sebagian besar masyarakat kita adalah nelayan," jelasnya.

Imam juga mengatakan, ada 3 program prioritas dalam rancangan rencana kerja Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Tengah.

"Program prioritas kita yakni perikanan tangkap yang meliputi produksi tangkap dan nilai tukar nelayan, perikanan budidaya meliputi produksi budidaya, peningkatan benih ikan dan ikan hias serta nilai tukar pembudidaya serta pengelolaan dan pemasaran hasil yang juga melibat UMKM tentunya," ujarnya.

Imam berharap, pemerintah pusat dan provinsi dapat membantu Dinas Perikanan Bangka Tengah dalam mengembangkan masyarakat nelayan dan menumbuhkan makro ekonomi di Bangka Tengah lewat sinergi bersama.

"Kami juga sangat menekankan sinergi antara pemerintah daerah, provinsi serta pusat dalam rancangan rencana kerja kami," lanjutnya.* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

Penulis: Mahdi

Editor: Kumala Sari Dewi

Fotografer: Dinas Perikanan Bangka Tengah