Home Berita Terkini Bangka Tengah Antisipasi Kepulangan Warga via Tanjungkalian

Bangka Tengah Antisipasi Kepulangan Warga via Tanjungkalian

686
0
SHARE
Bangka Tengah Antisipasi Kepulangan Warga via Tanjungkalian

Bangka Barat - Rombongan tim dari Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, yakni BPBD, Dinas Kesehatan, Bagian Perhubungan Diperkimhub, dan Satpol PP, telah siaga di Pelabuhan Tanjungkalian, Muntok, Bangka Barat, Minggu (19/04/2020) guna antisipasi kepulangan warga via kapal laut.

Menyusul kebijakan dibukanya jalur pelabuhan oleh pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, maka tim Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Bangka Tengah bergerak cepat menyediakan tenaga medis, alat transportasi, dan pengamanan di lokasi.

Tim dari Dinas Kesehatan melakukan pengecekan suhu tubuh dan rapid test. Bila ditemukan kondisi yang tidak sehat, penumpang akan dikarantina oleh tim dari provinsi. Jika kondisi baik, maka akan diakomodir kepulangannya ke Bangka Tengah menggunakan bus Pemda Bangka Tengah difasilitasi oleh Bidang Perhubungan (Diperkimhub) Bangka Tengah dengan menyediakan 3 bus.

M. Yudhi Sabara, ST selaku Ketua Sekretariat Satuan Gugus Penanggulangan COVID-19 Bateng menyatakan, antisipasi sudah dilakukan sedemikian rupa agar meminimalisir tersebarnya virus Corona.

"Bus ada 3, dan dibatasi hanya 12 penumpang yang boleh naik. Jika ditemukan warga yang kurang sehat, langsung ditangani oleh pihak provinsi. Kami antisipasi dengan tim kesehatan (Dinkes) yang sudah standby di pelabuhan sejak pagi," ujarnya.

Selebihnya, tim Gugus Tugas Percepatan Penangulangan COVID-19 Bangka Tengah menghimbau agar warga yang baru datang tersebut untuk tetap tinggal di rumah sebagai karantina mandiri, minimal 14 hari dan mengurangi interaksi dengan keluarga atau tetangga. Dipesankan pula, bila ada tanda-tanda gangguan kesehatan untuk segera memeriksakan diri ke layanan kesehatan terdekat.* (APJ/WEE/Foto:Diperkimhub, BPBD)













































Sumber: Diskominfosta, BPBD dan Diperkimhub