Home Daerah Bangka Tengah Bakal Memiliki Rumah Tahanan Kelas II

Bangka Tengah Bakal Memiliki Rumah Tahanan Kelas II

743
0
SHARE
Bangka Tengah Bakal Memiliki Rumah Tahanan Kelas II

Koba – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bangka Tengah, Sugianto mewakili Bupati Bangka Tengah, menerima audiensi perwakilan Kemenkumham Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di ruang kerjanya, Kamis (07/04/2022).

Sekda Bangka Tengah ini menyambut hangat serta mengapresiasi kedatangan Kepala Divisi Administrasi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung beserta rombongan tersebut.

“Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah sangat mengapresiasi kedatangan perwakilan Kemenkumham Provinsi Kepulauan Bangka Belitung beserta rombongan terkait rencana pembangunan Rumah Tahanan di Kabupaten Bangka Tengah,” ungkap Sugianto.

Lebih lanjut Ia mengatakan bahwa Pemkab Bangka Tengah sangat mendukung dan akan terus berkoordinasi demi terlaksananya pembangunan Rumah Tahanan (Rutan) ini.

Saat ditemui, Kepala Divisi Administrasi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung, Itun Wardatul Hamro mengungkapkan maksud kunjungannya ke Kabupaten Bangka Tengah terkait rencana pembangunan Rutan agar pelayanan kepada masyarakat di Kabupaten Bangka Tengah lebih baik.

“Kunjungan kami ke Bangka Tengah ini berkaitan dengan rencana akan dibangunnya Rutan Kelas II dengan kapasitas 300 orang tahanan. Pembangunan Rutan ini menggunakan Anggaran Pusat Tahun 2023. Selama ini Kabupaten Bangka Tengah belum mempunyai Rutan, sementara untuk penitipan tahanan masih dititipkan di Rutan Sungailiat yang jaraknya terlalu jauh,” jelas Itun.

Lebih lanjut Itun berharap agar masing-masing pihak saling menjaga agar proses pembangunan ini berjalan lancar. Pihaknya juga mengharapkan dukungan dari Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah terkait pembangunan Rutan serta kelengkapannya.

Hal yang sama dikatakan Fatih Suwanda selaku Subkoordinator Bantuan Hukum Setdakab Bangka Tengah mengatakan bahwa koordinasi dengan Kanwil Kemenkumham Babel ini sudah dimulai sejak tahun 2011.

“Forkopimda Kabupaten Bangka Tengah yang dipimpin langsung oleh Bupati Bangka Tengah di tahun 2014 yang lalu telah bertemu langsung dengan Direktur Jenderal Pemasyarakatan di Jakarta terkait rencana pembangunan Rumah Tahanan di Kabupaten Bangka Tengah ini,” kata Fatih Suwanda.

“Kemudian di tahun 2018 Pemkab Bangka Tengah dan Kanwil Kemenkumham Babel telah menandatangani Berita Acara Hibah sebidang tanah yang berlokasi di Jalan Jongkong Kelurahan Simpang Perlang Kecamatan Koba, dan Alhamdulillah, sesuai informasi tadi, rencana pembangunan Insya Allah akan dimulai tahun 2023,” jelas Fatih Suwanda.

Audiensi dilanjutkan dengan peninjauan lokasi pembangunan Rutan oleh Perwakilan Kemenkumham Babel beserta rombongan. Hadir dalam audiensi ini Asisten Bupati Bateng Bidang Pemerintahan dan Kesra, perwakilan Bidang Hukum Setdakab Bateng, Kepala Bagian Umum Setdakab Bangka Tengah, Kasubbag Pengelolaan Keuangan dan BMN Kanwil Kemenkumham Babel. *Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

Penulis: Yudi HP
Editor: Asti P
Fotografer: Yudi HP