Home Daerah Bangka Tengah Borong 8 Posisi dari Penilaian Pengutamaan Bahasa Negara di Provinsi Bangka Belitung

Bangka Tengah Borong 8 Posisi dari Penilaian Pengutamaan Bahasa Negara di Provinsi Bangka Belitung

310
0
SHARE
Bangka Tengah Borong 8 Posisi dari Penilaian Pengutamaan Bahasa Negara di Provinsi Bangka Belitung

PANGKALANBARU – Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menggelar kembali kegiatan evaluasi dan apresiasi pengutamaan penggunaan bahasa negara pada lembaga. Tahun 2023 ini, evaluasi digelar di Hotel Grand Vella, Kecamatan Pangkalanbaru, Bangka Tengah, Kamis (21/09/2023).

Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Tengah, Sugianto, membuka kegiatan didampingi oleh Kepala Kantor Bahasa Babel, Muhammad Irsan.

Dalam sambutannya, Sugianto menyampaikan apresiasinya kepada Kantor Bahasa Babel yang selalu mendampingi dan membina lembaga, sekolah, rumah sakit, dan perhotelan di wilayah Bangka Tengah, untuk menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar.

“Terima kasih selama ini selalu membantu kami, baik dalam hal tata naskah dinas, pemerintahan, maupun bahasa-bahasa yang ada di ruang publik. Tanpa adanya bimbingan dari Kantor Bahasa ini, mungkin kita merasa selama ini sudah benar. Padahal tadi ketika melihat evaluasi, ternyata banyak yang masih salah,” ujar Sugianto.

Sekda Bangka Tengah ini juga berharap dengan adanya evaluasi setiap tahun maka kualitas penggunaan bahasa Indonesia di Bangka Tengah mengalami perbaikan dan peningkatan.

Hal ini senada dengan apa yang disampaikan Muhammad Irsan selaku Kepala Kantor Bahasa Babel. Irsan menegaskan kembali bahwa proses evaluasi tidak akan berhenti di 2023, namun akan berlanjut sampai 2024.

“Harapannya, dengan semakin baiknya penerapan bahasa negara di Bangka Tengah, maka Bangka Tengah bisa menjadi pelopor dan model di Bangka Belitung,” ujar Irsan.

Bahkan Ia menyebutkan bahwa selama pengamatannya, Pemkab Bangka Tengah memiliki respon terbaik dari semua proses evaluasi ini.

“Karena di Bangka Tengah, Sekretaris Daerahnya juga turun mengawal langsung. Saat ini Pemkab Bangka Tengah juga akan mengubah dan memutakhirkan tata naskah dinas. Mudah-mudahan hal ini bisa dicontoh oleh Pemda lain se-Bangka Belitung,” tambah Irsan.

Kegiatan evaluasi dan apresiasi tahun 2023 ini memperoleh hasil yang membanggakan untuk Kabupaten Bangka Tengah. Pasalnya, dari 15 nomine, terdapat 8 nomine yang berasal dari Bangka Tengah.

Sementara itu posisi juara yang ditempati oleh Bangka Tengah dalam 5 kategori yakni:

- SMPN 1 Koba (Juara II Kategori SMP)

- SMAN 1 Koba (Juara I Kategori SMA)

- MAN Insan Cendekia (Juara II Kategori SMA)

- SMAN 1 Pangkalanbaru (Juara III Kategori SMA)

- Rumah Sakit Siloam (Juara I Kategori Rumah Sakit Swasta)

- Hotel Soll Marina (Juara I Kategori Hotel)

- Hotel Grand Vella (Juara II Kategori Hotel)

- Dinas Pendidikan (Juara I Kategori Lembaga Pemerintah)* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

Penulis      : Asti Pradiajayanti

Editor        : Kumala Sari Dewi

Fotografer : Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung