Home Berita Terkini Bangka Tengah Jadi Pilihan KKN Mahasiswa IAIN SAS Babel, Pesan Algafry Berdayakan Potensi Masyarakat

Bangka Tengah Jadi Pilihan KKN Mahasiswa IAIN SAS Babel, Pesan Algafry Berdayakan Potensi Masyarakat

180
0
SHARE
Bangka Tengah Jadi Pilihan KKN Mahasiswa IAIN SAS Babel, Pesan Algafry Berdayakan Potensi Masyarakat

Mendo Barat – Sebanyak 709 mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syaikh Abdurrahman Siddik (SAS) Bangka Belitung (Babel) dari Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam, Fakultas Tarbiyah, serta Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam Tahun 2021 akan melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Bangka Tengah pada 9 Oktober hingga 19 November 2021. Acara Pelepasan dan Serah Terima mahasiswa KKN IAIN SAS Babel ini dilakukan di Aula Gedung Terpadu IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Babel, Kecamatan Mendo Barat, Jumat (08/10/2021).

Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, S.T, hadir dan secara simbolis mengalungkan tanda peserta kepada 2 perwakilan mahasiswa KKN IAIN SAS ini menyambut baik adanya Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan memilih Kabupaten Bangka Tengah sebagai tempat KKN.

"Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah mengucapkan terima kasih kepada IAIN yang telah memilih Kabupaten Bangka Tengah menjadi tempat pelaksanaan KKN mahasiswa. Dengan adanya KKN ini sedikit banyak akan membantu meningkatkan pengetahuan bagi masyarakat desa di Kabupaten Bangka Tengah dalam rangka mewujudkan misi Pemerintah Daerah," ucap Algafry.

Ia juga menambahkan salah satu misi Pemerintah Daerah yaitu meningkatkan SDM yang unggul dan berkualitas berdasarkan iman dan taqwa, karena peningkatan SDM menjadi salah satu prioritas pembangunan untuk masa 5 tahun selain itu juga dapat meningkatkan pelayanan publik dalam bentuk kerja sama dengan beberapa perguruan tinggi.

"Mahasiswa sebagai agen perubahan harus mampu memposisikan dan menyesuaikan diri dengan masyarakat selama mengikuti KKN, karena mahasiswa dapat berperan sebagai motivator, komunikator, inovator, mediator dan fasilitator," lanjutnya.

Algafry juga berharap agar para mahasiswa KKN dapat membantu mengatasi permasalahan yang ada di masyarakat, salah satunya dengan melakukan pemberdayaan potensi masyarakat desa setempat menuju peningkatan kesejahteraan yang lebih baik.

Dikesempatan yang sama Wakil Rektor 1 IAIN SAS Babel, Dr. Rusydi Sulaiman, M. Ag., selaku Pelaksana Harian (Plh) Rektor mewakili Rektor IAIN SAS Babel dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan senang atas kedatangan Bupati Bangka Tengah yang sudah menyempatkan waktu untuk yang kedua kalinya datang ke IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Babel.

"Mahasiswa KKN IAIN SAS Babel pada KKN kali ini berjumlah 709 orang yang akan diposisikan dan ditempatkan pada 5 kecamatan dan 40 desa yang ada di Kabupaten Bangka Tengah. Kami harapkan mereka (mahasiswa-red) bisa mengintelektualisasikan ilmu yang didapat selama menimba ilmu di IAIN SAS ini ke tengah masyarakat Bangka Tengah," jelasnya.

Selain itu, Rusydi juga menambahkan harapannya agar mahasiswa yang mengikuti KKN ini dapat menjaga nama baik mahasiswa, nama baik orang tua, nama baik almamater, dan khususnya nama baik Bangka Tengah.

Turut hadir dalam acara penerimaan ini yaitu Kapolres Bangka Tengah, AKBP Moch. Risya Mustario, S.H, S.I.K, M.H, Wakil Rektor II IAIN SAS Babel, Wakil Rektor III IAIN SAS Babel, Sekretaris Bappelitbangda Bangka Tengah, Sekretaris Dinsos-PMD Bangka Tengah, Perwakilan Dinas Pendidikan Bangka Tengah, Kepala Biro Administrasi Umum Akademik dan Kemahasiswaan, Kepala LPPM IAIN SAS Babel, Ketua LPM IAIN SAS Babel, para Camat se-Bangka Tengah, Para Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN, Civitas Akademika dan Perwakilan Mahasiswa KKN IAIN SAS Babel serta tamu undangan lainnya* (MRT/WEE/Foto: PYJ)

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah