Home Berita Terkini Bangka Tengah Masuk Grand Final Lomba Bertutur dan Bercerita Nasional Perpusnas RI

Bangka Tengah Masuk Grand Final Lomba Bertutur dan Bercerita Nasional Perpusnas RI

256
0
SHARE
Bangka Tengah Masuk Grand Final Lomba Bertutur dan Bercerita Nasional Perpusnas RI

Koba - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan mengikuti Grand Final Lomba Bertutur Tingkat Nasional Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Nasional RI secara virtual dari pendopo rumah dinas Bupati Bateng Selasa (07/09/2021).

Pada kegiatan ini Bunda Baca, drg. Eva Algafry turut menyaksikan bagaimana Mikhaella Armelia siswa SD Negeri 5 Koba Bangka Tengah yang tampil mewakili Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada ajang Grand Final Lomba Bertutur SD/MI Tingkat Nasional Tahun 2021, yang diikuti 34 peserta yang mewakili tiap provinsi se-Indonesia.

Eva Algafry pada kesempatan tersebut mengatakan selain bisa mengenali budaya sendiri, anak-anak juga bisa mengenali keanegaragaman budaya Nusantara bukan hanya dari cerita-cerita lisan tapi juga bisa didapatkan dari buku-buku di perpustakaan.

"Anak-anak sejak usia sekolah dasar juga perlu diberikan keleluasaan dalam memperoleh atau mencari sumber-sumber pengetahuan lain, salah satunya dengan membaca buku-buku yang ada di perpustakaan," kata Bunda Baca Bateng.

Eva juga berpesan pada Mikhaella untuk terus berusaha yang terbaik serta tidak terbebani. Hal ini disebutnya karena telah melihat usaha Mikhaella yang sungguh-sungguh berlatih hingga berbulan-bulan lamanya.

"Kepada Mikhaella tunjukkan kemampuan terbaikmu, jangan takut dinilai salah, tampillah sesuai apa yang kamu bisa, jangan jadikan penampilanmu sebagai beban, karena pada dasarnya setiap perlombaan bukan mencari siapa kalah dan siapa yang menang. Dengan kompetisi yang ada, yang dipelajari adalah bagaimana peserta mengikuti jalannya perlombaan dengan baik dan sportif, sehingga didapatkan yang terbaik dari yang terbaik," pungkasnya.

Tujuan dari kegiatan Lomba Bertutur yang rutin digelar tahunan ini adalah untuk mengenalkan budaya dan kearifan lokal Indonesia yang harus dimulai sejak usia dini lewat bacaan. Diharapkan, lewat cerita rakyat dan cerita legenda, anak-anak bisa mengambil pesan moral sehingga bisa dijadikan modal pembentukan jati diri dan akhlak.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Kearsipan Provinsi Babel, Plt. Kadin Kearsipan dan Perpustakaan Bateng, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bateng, Kepala Sekolah SDN 5 Koba dan tamu undangan. *(RIS/APJ/foto: MRT).

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah