Home Penghargaan Bangka Tengah Raih WTP 5 Kali Berturut, Algafry: Pertahankan Akuntabilitas dan Transparansi Pelaporan Keuangan

Bangka Tengah Raih WTP 5 Kali Berturut, Algafry: Pertahankan Akuntabilitas dan Transparansi Pelaporan Keuangan

160
0
SHARE
Bangka Tengah Raih WTP 5 Kali Berturut, Algafry: Pertahankan Akuntabilitas dan Transparansi Pelaporan Keuangan

Pangkalpinang - Mengawal Akuntabilitas untuk Pengelolaan Keuangan Daerah Berkualitas dan Berbudaya WTP merupakan misi yang dicantumkan oleh Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Keuangan dalam acara Penyerahan Penghargaan atas Laporan Keuangan Tahun 2020 dengan Capaian Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), di lingkup Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Acara yang digelar di Ruang Pasir Padi Kantor Gubernur Babel, Selasa (19/10/2021) ini dihadiri oleh Bupati/Walikota se-Provinsi Babel atau perwakilannya.

Algafry Rahman, S.T,. selaku Bupati Bangka Tengah pada kesempatan ini menerima penghargaan WTP atas kinerja Pemkab Bangka Tengah dalam pelaporan keuangan tahun 2020 serta sebuah tropi untuk pencapaian WTP 5 kali berturut-turut.

Saat ditemui, Algafry menyampaikan bahwa pencapaian ini adalah sebuah karya dan kerja keras yang telah dimulai dari pimpinan terdahulu.

"WTP ini menunjukkan akuntabilitas dan transparansi pelaporan keuangan yang telah kami kelola. Ke depan kami akan mempertahankan kinerja untuk terus memberikan pelaporan sesuai dengan standar akuntansi negara," ujarnya.

Algafry juga menyebutkan bahwa prestasi ini telah menumbuhkan motivasi untuk terus menjalankan pelaporan keuangan dengan lebih baik.

Sementara itu, Dr. Edhi Mulyadi, S.E., M.Si selaku Kepala Kanwil Dirjen Perbendaharaan (DJPb) Kemenkeu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melaporkan bahwa acara tahunan ini sebagai wujud apresiasi Pemerintah Pusat kepada pemerintah daerah yang mendapatkan opini WTP.

"Ini kali pertama entitas semua pemerintah daerah se-Provinsi Bangka Belitung mendapat opini WTP. Tentu, momentum ini sangat berharga yang harus dipertahankan dari tahun ke tahun," kata Edhi.

Disebut Edhi, pencapaian WTP ini diperoleh melalui berbagai upaya dan cara dengan mengoptimalkan sumber daya yang ada di daerah masing-masing.

"Untuk itu saya mengapresiasi apa yang telah Bapak Ibu perjuangkan. Terima kasih juga kepada BPK, BPKP dan pihak Inspektorat Daerah," tambahnya.

Tropi penghargaan atas perolehan WTP 5 kali berturut-turut diserahkan kepada Bupati Bangka Tengah dan Bupati Bangka. Selain itu diresmikan pula MoU pertukaran data APBD APBN antara Pemerintah RI dengan Pemprov Babel yang ditandatangani oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung dengan Dirjen Perbendaharaan Kemenkeu.

Hadir dalam kesempatan ini Gubernur Kepulauan Bangka Belitung beserta Wakil Gubernur, pihak BPK Provinsi Bangka Belitung, BPKP Provinsi Bangka Belitung, juga Bupati dan Walikota se-Bangka Belitung. *(APJ/WEE/Foto: MRT)

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah