Home Berita Terkini Bangka Tengah Siap Dukung Langkah Preventif Pemprov Babel dalam Penanganan Covid-19

Bangka Tengah Siap Dukung Langkah Preventif Pemprov Babel dalam Penanganan Covid-19

966
0
SHARE
Bangka Tengah Siap Dukung Langkah Preventif Pemprov Babel dalam Penanganan Covid-19

Koba - Saat ini angka kenaikan kasus penularan Covid-19 terjadi di beberapa wilayah di Indonesia tak terkecuali di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Terkait hal ini, Bupati Bangka Tengah yang diwakili oleh Wakil Bupati Bangka Tengah, Herry Erfian, ST., mengikuti Video Conference yang digelar oleh Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, bertempat di Ruang Rapat Bupati, Jumat (30/04/2021).

Berdasarkan pada rapat terbatas antara Presiden RI dengan Gubernur dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah seluruh Indonesia, di mana dalam update jumlah konfirmasi pasien Covid-19 seluruh Indonesia,  Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sudah berada pada level tiga jumlah kasus positif.

Terkait hal ini, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan rapat koordinasi upaya terkait penanganan Covid-19 secara virtual via zoom meeting bersama Pemerintah Kabupaten/Kota se-Bangka Belitung dan Forkopimda se-Bangka Belitung karena dipandang perlu dilakukan guna mengambil upaya langkah-langkah preventif dan segera  sesuai dengan arahan presiden beberapa waktu lalu.

Gubernur Bangka Belitung, Dr.H. Erzaldi Rosman, SE,MM., dalam arahannya memaparkan bahwa Babel saat ini masuk level 3  hampir mendekati daerah yang menjadi perhatian presiden.

"Pemerintah Provinsi (Pemprov) mendorong agar daerah-daerah di Bangka Belitung untuk dapat  melaksanakan penindakan tegas kepada masyarakat yang tidak menjalankan protokol kesehatan. Pemprov bersama Forkopimda Provinsi dalam waktu dekat akan menyempurnakan Perda (Peraturan Daerah) Nomor 10 Tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease  2019  sebagai acuan penindakan tegas dan disiplin bagi yang melanggar protokol kesehatan," jelas Erzaldi.

Lebih lanjut, Ia meminta Kabupaten/Kota untuk dapat memberikan dukungan operasional terkait penindakan berupa sanksi tegas dalam penegakan disiplin protokol kesehatan di daerahnya masing-masing. Dan juga mengenai penguatan dan kedisiplinan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) secara merata dan terpadu di tingkat level RW, RT dan desa yang memiliki ketentuan sebagaimana yang telah diatur oleh satgas pusat.

Sementara itu, Wakil Bupati Bangka Tengah, Herry Erfian, ST., menuturkan, Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah siap mendukung langkah upaya yang dilakukan Pemerintah Provinsi Bangka Belitung dalam upaya penanganan Covid-19 terkait penerapan Perda yang akan disempurnakan nantinya.

"Dalam penerapannya tentu yang menjadi masalah yakni tingkat kedisiplinan masyarakat terkait penerapan protokol kesehatan.  Selain itu juga, perlu digencarkan sosialisasi terhadap masyarakat terlebih dahulu agar dapat diketahui masyarakat luas sebelum diberlakukan termasuk di kabupaten/kota yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung nantinya," kata Erfian.

Menurutnya,  di momen puasa saat ini merupakan waktu yang tepat untuk menyosialisasikannya yakni menyasar tempat perkumpulan melakukan melakukan peribadahan seperti ketika tarawih, jumatan dan lain sebagainya.

"Kami tentunya mendukung Perda ini bisa diberlakukan di semua Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan juga segala kegiatan yang akan diterapkan oleh pihak Provinsi," tutup Erfian seraya melanjutkan kembali rapat koordinasi secara virtual.

Turut mengikuti rakor virtual ini yakni Sekretaris Daerah Bateng, Perwakilan Dandim 0413/BKA (Perwira Penghubung), Perwakilan Pengadilan Negeri Bangka Tengah, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Bangka Tengah dan perwakilan BPBD Bangka Tengah.* (RIN/WEE/Foto:FEK)

Sumber : Diskominfosta Bangka Tengah

 

Mohon maaf saat ini website sedang dalam pemeliharaan. Untuk melihat dokumentasi kegiatan, silakan kunjungi media sosial kami:

https://www.facebook.com/dinaskominfosta.bateng.3/

https://twitter.com/dinaskominfosta

https://www.instagram.com/dinaskominfosta_bateng/