Home Berita Terkini Bangka Tengah Terapkan ISOTER untuk Memutus Rantai Penyebaran Covid-19

Bangka Tengah Terapkan ISOTER untuk Memutus Rantai Penyebaran Covid-19

322
0
SHARE
Bangka Tengah Terapkan ISOTER untuk Memutus Rantai Penyebaran Covid-19

Koba - Bertempat di pendopo rumah dinas Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, S.T. didampingi wakilnya, Herry Erfian, S.T. ikuti Rapat Evaluasi Penerapan PPKM Level 4 di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang dipimpin oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung melalui Zoom Meeting, Selasa (03/08/2021).

Dalam sambutannya Dr. H. Erzaldi Rosman Djohan, S.E., M.M. selaku Gubernur Kepulauan Bangka Belitung mengatakan bahwa berdasarkan arahan dari Menko dan Presiden, pihaknya berharap Bangka Belitung tidak lagi mengedepankan Isolasi Mandiri (isoman) tetapi mendorong untuk diberlakukannya Isolasi Terpadu (isoter).

“Seperti dulu yang kita lakukan waktu kita bisa menekan kasus Covid-19 di Bangka Belitung. Dulu Bangka Belitung selalu di bawah angka 25 urutannya, tapi begitu kita membuka peluang Isolasi Mandiri ini menjadi salah satu penyebab merebaknya kasus. Ditambah lagi disiplin masyarakat kita yang kurang kuat, jadi kita kedepankan kembali isoter. Untuk mendukung isoter ini, pemprov sudah menetapkan Gedung Asrama Haji dan Gedung Balai Pelatihan Kerja untuk Isolasi Terpadu, untuk kapasitas kurang lebih sekitar 400 orang,” terang Erzaldi.

Menanggapi hal ini Algafry Rahman, S.T. menyampaikan bahwa Pemkab Bangka Tengah telah mengambil langkah-langkah untuk menekan laju kasus terkonfirmasi Covid-19.

“Pada hari ini, alhamdulillah, kami sudah menambah 16 kapasitas tempat tidur yang kami siapkan sehingga Bed Occupancy Rate (BOR) hingga hari ini 56,67% untuk di Bangka Tengah. Lalu berkaitan dengan isoter kami Bangka Tengah sudah lama melaksanakan isoter ini terutama di tingkat kabupaten dan kecamatan, bahkan ada di beberapa desa dilakukan sistem isoter. Untuk kabupaten kami memiliki ruang isolasi sendiri dengan memanfaatkan Gedung Diklat BKPSDMD Bangka Tengah, rumah dinas OPD dan DPRD. Untuk kecamatan juga sudah kami siapkan di seluruh kecamatan,” ucap Algafry.

"Berkenaan dengan isoter yang kita lakukan ini mudah-mudahan menjadi salah satu cara kita untuk menekan Covid-19 agar tidak menyebar semakin jauh,” tanggap Gubernur Babel tersebut.

Turut hadir dalam kegiatan ini jajaran Forkopimda Bangka Tengah beserta para Camat dan kepala OPD.* (RDO/APJ/Foto:YHP)

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah