Home Berita Terkini Bangun Karakter Religius Terhadap Siswa, SDN 4 Koba Gelar Khataman Al-Quran

Bangun Karakter Religius Terhadap Siswa, SDN 4 Koba Gelar Khataman Al-Quran

2,099
0
SHARE
Bangun Karakter Religius Terhadap Siswa, SDN 4 Koba Gelar Khataman Al-Quran

KOBA - Wujudkan karakter religius terhadap anak merupakan komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Tengah (Bateng) dalam pendidikan. Dalam hal ini, siswa-siswi Sekolah Dasar Negeri (SDN) 4 Koba kembali menggelar khataman Al-Qur'an di SDN 4 Koba pada Selasa (30/4/2018) pagi.

Mengangkat tema "Dengan Khataman Al-Qur'an Kita Tingkatkan Rasa Cinta Kita pada Kitab Suci Al-Qur'an" ini dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bateng, Apri Panzupi, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bateng yang diwakili Kabid Pembinaan Sekolah Dasar, Alamsyah, Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas Pendidikan (UPT Dindik) Kecamatan Koba, seluruh Guru SDN se-Kecamatan Koba, para Tokoh Agama dan seluruh Wali siswa-siswi beserta alumni SDN 4 Koba.

Kepala Sekolah SDN 4 Koba, Meri Fitrial, S.Pd, dalam sambutannya mengungkapkan, terealisasinya program pemerintah dalam membentuk karakter religius pada siswa tentunya upaya bersama. Diakuinya, pelaksanaan pelepasan siswa-siswi kelas VI (enam) dan khataman Al-Qur'an serta pentas seni ini melibatkan keikutsertaan banyak pihak.

"Terimakasih kepada pemerintah terkait, khususnya Dinas Pendidikan Kabupaten Bateng. Melalui program membentuk karakter religi pada siswa-siswi khususnya pada tingkat SD dapat menjadikan siswa-siswi kita menjadi anak yang berakhlak. Terimakasih juga kepada seluruh alumni SDN 4 Koba yang telah banyak membantu sehingga kegiatan pada hari ini dapat terlaksana," ucap Meri.

Selain itu, Ia juga menjelaskan bahwa saat ini SDN 4 Koba mempunyai program inovasi, yakni Gerakan Hati Nurani Guru (Gaharu) bersama melayani anak berkebutuhan khusus. Berikutnya adalah program inovasi  makan nasi, buah, sayur dan protein hewani (Manabsuryani). Dengan adanya inovasi ini Ia berharap siswa-siswi SDN 4 Koba selain menjadi manusia berakhlak mulia juga menjadi anak yang sehat dan pintar.

"Inilah program inovasi di SDN 4 Koba, dengan adanya program ini kami yakin akan dapat membentuk siswa yang berkualitas dan berprestasi melalui pendidikan yang tepat," jelas Meri.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bateng yang diwakili oleh Kabid Pembinaan Sekolah Dasar Alamsyah mengatakan, dengan  khataman Al-Quran pada siswa-siswi  diharapkan nantinya akan menjadikan Al-Qur'an sebagai pedoman hidup di dunia. Dapat juga menjadikan anak-anak menjadi lebih baik dalam hal beragama maupun kehidupan sosial lainnya.

“Program ini merupakan kegiatan inovasi Bateng. Program ini diadakan karena kami ingin anak-anak kita menjadikan Al-Qur'an sebagai pedomannya. Dengan giat membaca Al-Qur'an dan ajaran ilmu agama lainnya akan menjadikan karakter anak semakin baik," pungkasnya.

Alamsyah juga mengucapkan banyak terima kasih kepada guru SD di seluruh wilayah Kabupaten Bateng karena telah maksimal dalam menjalankan program inovasi di sekolah sehingga akan berdampak positif bagi generasi penerus sebagai generasi yang berpendidikan dan bermartabat.

Anggota DPRD Bangka Tengah, Apri Panzupi selaku Alumni SDN 4 Koba dalam kesempatan itu terkesan dan sangat mengapresiasi kemajuan serta prestasi yang diperoleh. Dikatakannya, Ia mewakili alumni akan terus mendukung kegiatan-kegiatan yang ada di sekolah. Untuk itu, Ia berpesan agar para wali beserta guru pendidik terus berkoordinasi terhadap pemerintah atau instansi terkait maupun alumni yang turut hadir agar pendidikan di Bateng akan terus berkembang dan berprestasi.

"Upaya Pemkab Bateng untuk memajukan dunia pendidikan dan pengembangan SDM patut kita apresiasi. Setiap pelepasan siswa kelas VI SD selalu diiringi dengan kegiatan Khataman Qur'an bagi siswa-siswi Muslim. Semoga anak-anak Bangka Tengah sebagai generasi penerus menjadi generasi Qur'ani yg berprestasi dan berakhlakul karimah, aamiin," harapnya.* (HD/AD/KD/Foto:AD)

 

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah