Home Berita Terkini Bangun Ketahanan Pangan di Bateng, Algafry Gandeng LPPM UBB Lakukan Analisis PPH

Bangun Ketahanan Pangan di Bateng, Algafry Gandeng LPPM UBB Lakukan Analisis PPH

549
0
SHARE
Bangun Ketahanan Pangan di Bateng, Algafry Gandeng LPPM UBB Lakukan Analisis PPH

Koba - Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman, S.T., menghadiri Kegiatan Persentasi Akhir Hasil Analisis Nilai Tukar Petani (NTP) Tahun 2021 dan Pola Pangan Harapan (PPH), bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Selasa (07/12/2021).

Menurutnya, pembangunan ketahanan pangan pada hakekatnya merupakan pembangunan kualitas manusia melalui pemenuhan hak-hak atas pangan serta menjamin setiap individu dan rumah tangga mampu mengakses pangan secara berkelanjutan sepanjang waktu.

“Terkait dengan pola konsumsi dan kebutuhan pangan yang akurat dan up to date tingkat provinsi dan kabupaten maka diperlukan pengumpulan, pengolahan dan analisis data pola konsumsi pangan yang sistematis dan berkesinambungan, pola konsumsi wilayah dapat dilakukan dengan analisis pola pangan harapan,” ungkap Algafry.

Pola Pangan Harapan (PHH) adalah susunan beragam pangan yang didasarkan pada sumbangan energi dari kelompok pangan utama (baik secara absolut maupun relatif) dari suatu pola ketersediaan dan atau konsumsi pangan.

“Dengan demikian PHH merupakan susunan beragam pangan yang didasarkan atas proporsi keseimbangan energi dari berbagai kelompok pangan untuk memenuhi kebutuhan gizi baik dalam jumlah maupun mutu dengan mempertimbangkan segi daya terima, ketersediaan pangan, ekonomi dan budaya serta agama," jelas Algafry.

Algafry menjelaskan jika pola konsumsi pangan sangat ditentukan oleh faktor sosial ekonomi berumah tangga seperti tingkat pendapatan, harga pangan, selera dan kebiasaan makan.

Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah melalui Dinas Pangan Kabupaten Bangka Tengah bekerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat Universitas Bangka Belitung melakukan Analisis Pola Pangan Harapan (PPH) wilayah Kabupaten Bangka Tengah tahun 2021.

“Tujuannya menyediakan data analisis Pola Pangan Harapan Kabupaten Bangka Tengah yang nantinya dapat digunakan untuk menganalisis situasi dan proyeksi konsumsi dan kebutuhan pangan penduduk serta target penyediaan pangan wilayah dalam rangka merumuskan kebijakan, strategi serta program pangan dan gizi wilayah,” ungkapnya.

“Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat untuk mewujudkan masyarakat Bangka Tengah semakin sejahtera dan semakin unggul," harapnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Kepala Dinas Pangan Bangka Tengah, Kepala Dinas Pertanian Bangka Tengah, Tim Penyusun NTP dan PHH dari LPPM Universitas Bangka Belitung serta para undangan lainnya.* (AGG/WEE/Foto:DDY)

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah