Home Berita Terkini Bantuan Pertanian Pemerintah Dikucurkan Kembali di Melabun

Bantuan Pertanian Pemerintah Dikucurkan Kembali di Melabun

142
0
SHARE
Bantuan Pertanian Pemerintah Dikucurkan Kembali di Melabun

Sungai Selan - Bertempat di lahan pertanian Syawal, Desa Melabun, Kecamatan Sungai Selan, Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bersama Dinas Pertanian Bangka Tengah secara simbolis menyerahkan bantuan pertanian ke sejumlah Kelompok Tani (Poktan) Bangka Tengah, Senin (26/10/2020).

Acara dibuka oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman, SE., MM., didampingi Kepala Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Juaidi, SP. MP., dan Kepala Dinas Pertanian Bangka Tengah, Sajidin, SP.,  dengan tanam benih bawang merah bersama.

Dalam sambutannya, Erzaldi menyatakan sudah waktunya Bangka Tengah berfokus dalam mengelola bawang merah agar bisa memiliki nilai ekonomis tinggi. Sinergi yang dimaksudkan Erzaldi yakni dalam hal persiapan pembenihan, cara penanaman dan pengelolaan hingga menentukan harga pasar.

"Bangka Tengah telah ditunjuk untuk menjadi sentra hortikultura, untuk itu segera bentuk sinergi dan kolaborasi antara provinsi, kabupaten, kecamatan hingga desa. Bukan hanya sisi pemerintah, tapi juga yang ada di lapangan, baik penyuluh maupun petaninya," ujarnya.

Di kesempatan yang sama, Sajidin menyampaikan arah kebijakan pertanian yang secara umum di Bangka Tengah. Hal ini disampaikan untuk memotivasi petani bahwa bidang pertanian diperhatikan secara serius.

"Dengan dana APBD Provinsi dan APBD Bangka Tengah, telah disalurkan benih cabe merah dan bawang merah ke Bangka Tengah, baik Poktan dan Gapoktan. Insyaallah di Bangka Tengah juga akan didirikan pengembangan benih bawang merah di Lubuk, jangan sampai kita tergantung terus dari daerah lain seperti Brebes," papar Sajidin.

Bantuan yang disalurkan kali ini antara lain benih cabe merah dari dana APBN, benih bawang merah dari APBN dan dibantu APBD 2 Kabupaten Bangka Tengah. Sedangkan untuk alat pertanian dan mesin pertanian bersumber dari Dana Insentif Daerah Bangka Tengah.

Adapun penerima bantuan pertanian kali ini terdiri atas;

Bantuan Alat dan Mesin Pertanian;

1. Poktan Subur Tani Ds. Sarang Mandi (Cultivator)

2. Kelompok Tani Bina Lestari Desa Kemingking (Cultivator)

3. Kelompok Tani Mandiri Desa Melabun (Pompa Air)

4. Gapoktan Taruna Mandiri Ds. Lampur (pompa air)

5. Kelompok Tani Kemingking Alam Lestari Ds.Kemingking (Pompa air)

6. Kelompok tani Ponpes Bahrul Huda Ds. Sarang Mandi  (pompa air)

Bantuan Benih Cabe Merah;

1. Kelompok Tani Berkat Tani, Sungai Selan Atas

2. Gapoktan Mekar Jaya, Desa Munggu

3. Gapoktan Pelita Taruna Mandiri, Desa Lampur

4. Kelompok Tani Sinar Harapan, Desa Kerantai

5. Gapoktan Alam Tani Permai, Desa Kemingking

 

Bantuan Benih Bawang Merah;

1. Gapoktan Melabun Permai luasannya 0.5 ha, dana APBD 2 dan 1 hektar APBN

2. Gapoktan Jaya Lestari Desa Kerantai 1 ha

3. Gapoktan Mekar Karya Desa Munggu 1 ha

Hadir dalam acara ini para pejabat Dinas Pertanian Provinsi Bangka Belitung, Kapolsek Sungai Selan, Camat Sungai Selan, Kades Melabun, para penyuluh pertanian Bangka Tengah, para petani dan perwakilan Poktan atau Gapoktan se-Bangka Tengah.* (APJ/WEE/Foto:MRT)

Sumber : Diskominfosta Bangka Tengah