Home Berita Instansi dan Kementerian BBPVP Bekasi Tinjau Langsung Seleksi Pelatihan Tenaga Kerja Bateng

BBPVP Bekasi Tinjau Langsung Seleksi Pelatihan Tenaga Kerja Bateng

519
0
SHARE
BBPVP Bekasi Tinjau Langsung Seleksi Pelatihan Tenaga Kerja Bateng

KOBA – Generasi muda sebagai tenaga kerja potensial di Bangka Tengah perlu mendapatkan berbagai pelatihan untuk meningkatkan daya saing dan kualitas. Terkait hal ini, Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah melalui Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTK) bekerja sama dengan Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Bekasi yang hari ini (Selasa, 24/05/2022) melakukan peninjauan seleksi pelatihan tenaga kerja di ruang pertemuan DPMPTK.

Di kesempatan ini, Sub Koordinator Pemberdayaan BBPVP Bekasi, Muhammad Adenin mengatakan bahwa seleksi yang dilakukan kali ini melalui 2 tahapan.

"Tahapan pertama yakni tes potensi akademik dengan tujuan mengetahui program mana yang paling mereka minati. Untuk tahapan kedua adalah wawancara yang berguna memastikan keseriusan mereka," ucapnya.

Adenin berharap adanya kerja sama dan pelatihan ini dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan para calon tenaga kerja sehingga memiliki daya saing di lapangan.

"Kita berharap setelah mengikuti pelatihan selama 1,5 bulan nanti, mereka bisa langsung bekerja dengan perusahaan-perusahaan yang ada di Bangka Tengah," sambungnya.

Saat ditemui, Algafry Rahman selaku Bupati Bangka Tengah menjelaskan ada 38 orang yang mengikuti seleksi pelatihan ini.

"Alhamdulillah hari ini kita membuka seleksi bagi pemuda-pemudi Bangka Tengah untuk dapat mengikuti pelatihan di Bekasi. Khusus bidang IT dialokasikan sebanyak 16 orang dari peserta seleksi sekitar 38 orang," ujar Bupati Bangka Tengah.

Terkait kerja sama ini, Algafry mengaku bekerja sama dengan pihak luar tidak hanya Bekasi saja, melainkan kota-kota lain yang memiliki balai pelatihan.

"Program pelatihan kerja ini bukan hanya dengan pihak Bekasi, tapi juga dengan pihak Semarang, Bandung bahkan insyaallah Medan. Rencananya sebanyak 50 peserta dari Bangka Tengah bisa mengikuti pelatihan kerja di luar Pulau Bangka agar skill mereka bisa bertambah dan terasah sebelum memasuki dunia kerja," ucapnya.

"Program pelatihan di Bekasi ini memang khusus bidang IT, namun apapun program keahlian yang dipelajari, semuanya penting untuk masa depan. Saya yakin pihak BBPVP Bekasi bukan hanya mengasah hard skill, namun juga soft skill mereka," ucap Algafry.

Pada program ini Pemkab Bateng turut membantu pembiayaan tiket pergi-pulang bagi peseta pelatihan dengan biaya penginapan dan lainnya ditanggung oleh pihak BBPVP Bekasi. *Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

Penulis: Redoh Soniman

Editor: Asti Pradiajayanti

Fotografer: Prayogi J.